Ultah ke-55, UAJY Ubah Logo, Himne, dan Marsnya

by 2 weeks ago

Yogyakarta, Koran Jogja – Bertepatan dengan Dies Natalisnya ke-55, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) melakukan perubahan logo serta menetapkan himne dan mars. Transformasi logo untuk memperkuat UAJY sebagai kampus independen.

Rektor UAJY Yoyong Arfiadi mengatakan logo baru kampusnya resmi diluncurkan pada 28 September lalu di upacara Dies Natalis yang bertemakan “Strive for Excellence in Harmony and Diversity.”

“Kami menyakini, transformasi logo ini memberikan semangat kepada kalangan civitas akademisi melakukan hal-hal baru dalam melayani masyarakat,” kata Yoyong dalam rilis pada Jumat (9/10).

Ia mengatakan diperlukan waktu panjang dalam mengubah logo. Akhirnya logo UAJY yang baru terlahir dengan tidak mengubah filosofi, nilai dan makna yang terkandung dalamnya.

‘Transformasi logo, himne dan mars diharapkan meningkatkan performa, memperkuat identitas dan nilai UAJY baik internal maupin eksternal,” ucap Yoyong.

Yoyong lantas menuturkan, perubahan visualisasi logo pernah dilakukan pada 2003 lalu. Sempat melahirkan 17 logo baru sebagai alternatif, banyak kendala khusunya implementasi sebagai sebuah representasi identitas universitas.

Wakil Rektor III UAJY Pupung Arifin menuturkan transformasi logo, himne dan mars ini adalah satu kesatuan menuju transformasi sekaligus mempertegas visi kampus.

“Perubahan ini menjadikan UAJY sebagai universitas swasta yang mencerminkan multikultur dan menghargai keberagaman,” ucapnya.

Kedepan logo baru ini akan menjadi panduan kepada mahasiswa dalam setiap kegiatan sehingga lebih kuat. Dengan mars baru ada semangat baru sehingga lebih memberikan dorongan kepada mahasiswa.

“Saat ini kita harus lebih bisa bersaing di era kurikulum kampus merdeka karena harus terbuka dengan perguruan tinggi yang lain,” katanya.

Memasuki awal tahun akademik 2020/2021, UAJY masih melakukan kegiatan kuliah daring karena pandemi Covid-19.

Himne baru diciptakan oleh Ernest Mariyanto (penggubah lagu Himne UAJY), dan Onggo Lukito merancang Mars (penggubah lagu Mars UAJY) berpegang pada visi, misi, filosofi dan nilai-nilai yang dimiliki UAJY.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *