Rektor UGM Pastikan Keaslian Ijazah Presiden Joko Widodo

by
ugm

ugm

Sleman, Koran Jogja – Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. dr. Ova Emilia memastikan keaslian ijazah sarjana Presiden Joko Widodo.

Ova Emilia mengatakan Jokowi merupakan alumnus dari Program Studi S1 di Fakultas Kehutanan UGM angkatan tahun 1980 dan dinyatakan lulus pada 1985.

“Dari data dan informasi yang kami miliki dan terdokumentasi dengan baik, kami yakin keaslian ijazah sarjana Ir. Joko Widodo,” katanya dikutip dari laman resmi UGM, Rabu 12 Oktober 2022.

Ova Emilia mengatakan, klarifikasi ini merupakan bentuk tanggung jawab pihak kampus sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi kepada alumninya.

“Bukan karena yang dipertanyakan ini orang nomor satu. Jika ada alumni yang ingin diverifikasi pun kami juga akan lakukan verifikasi sesuai proporsinya,” kata dia.

Ova Emilia juga menjelaskan mengenai perbedaan ijazah alumni fakultas lainnya pada angkatan yang sama.

Menurut Ova Emilia, pada masa tersebut belum dilakukan komputerisasi, sehingga penulisan ijazahnya masih memakai tulisan tangan halus.

“Untuk saat ini, Dikti sudah mempunyai format khusus dalam penyeragaman,” ujar Ova Emilia.

Sementara, Dekan Fakultas Kehutanan UGM, Sigit Sunarta mengatakan ijazah Joko Widodo sesuai dengan format ijazah Fakultas Kehutanan UGM pada masa itu.

“Untuk fakultas lain, kami tidak mengetahui secara pasti. Namun fakultas kehutuanan memang seragam seperti itu,” pungkasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *