UMY Raih Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul

by

Bantul, Koran Jogja – Setelah beberapa program studi berhasil berstatus terakreditasi Unggul. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dinyatakan mendapatkan status akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 793/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/VIII/2021, UMY berhasil meraih Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Unggul dengan nilai total 369,” tulis Kepala Badan Penjaminan Mutu UMY, Evi Rahmawati, Senin (20/9).

Dalam keputusan yang dikeluarkan akhir Agustus lalu, BAN-PT menjadikan UMY Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) pertama yang meraih Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul.

Dengan status ini maka UMY memiliki prestasi dan kemampuan unggul dilihat dari mutu pendidikannya. Pengakuan Unggul dari BAN-PT memberi jaminan akan kualitas mutu Pendidikan UMY.

“Persiapan selama satu tahun ini bisa terbayarkan,” tutur Evi.

Guna mendapatkan status Akreditasi Unggul ini, UMY sendiri menurut Evi mempunyai 50 standar mutu dalam penjaminan kualitas pendidikannya berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti).

“UMY konsisten mengimplementasikan siklus penjaminan mutu antara lain dalam penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan 50 Standar Mutu dalam menjamin kualitas pendidikannya,” lanjutnya Evi.

Dalam kesempatan ini ia juga turut menjelaskan perbedaan akreditasi yang diraih pada tahun 2018 dan tahun 2021. Ia menuturkan tahun 2018 BAN-PT hanya menggunakan 7 standar penilaian tetapi dalam akreditasi kali ini Ban-PT menggunakan 9 standar penilaian yang sesuai Instrumen Suplemen Konversi (ISK)

“Secara resmi UMY mendapatkan peringkat akreditasi Unggul tahun 2021. Pada tahun 2018 terjadi transisi dimana BAN-PT menerapkan standar peringkat akreditasi yang awalnya 7 standar dengan istilah peringkat A, B dan C menjadi 9 standar dengan istilah peringkat Unggul, Baik Sekali dan Baik,” katanya.(set)