Usai PPKM Darurat, Dewan Minta Pemda Fokus Pemulihan Ekonomi

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diminta fokus pada kebangkitan ekonomi rakyat pasca penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Saya menyakini, saat ini Pemda tengah bekerja keras tangani pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Tapi kedepan harus punya skema strategi agenda pemulihan ekonomi bagi rakyat,” kata Komisi A DPRD DIY, Eko Susanto, Senin (5/7).

Hal ini harus menjadi perhatian karena secara ekonomi rakyat harus dibangkitkan, ini penting sebab seluruh sektor terdampak pandemi.

Perekonomian yang ada saat ini, kata Eko memang tertekan dan terdampak Covid-19. Pembatasan aneka kegiatan dalam aktifitas warga sesuai aturan yang ada dj PPKM Darurat jelas mengurangi aktifitas perekonomian.

“Kehidupan warga yang terdampak Covid-19 butuh dijamin pemerintah daerah agar terpenuhi kebutuhan pokoknya,” ujarnya.

Karena itu Eko meminta Pemda mengalokasikan APBD guna membantu skema pemulihan ekonomi. Kebijakan pemulihan ekonomi rakyat harus bisa segera di bangkitkan seiring dengan penguatan sistem pelayanan kesehatan kepada warga.

“Tidak boleh satupun rakyat yang kelaparan,’ kata Eko Suwanto yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta.

Selain aspek ekonomi rakyat yang harus diperjuangkan. Eko menyatakan aspek lain yang harus diperjuangkan, diantaranya adalah jaminan kebutuhan pangan bagi warga terdampak khususnya yang sedang melalukan isolasi mandiri.

Yang lainnya, percepatan belanja APBD untuk membeli produk rakyat yang digunakan untuk mendukung penanggulangan Covid-19 maupun operasional pemda.

“Misalnya beli masker kan bisa di Jogja atau belanja lainnya. Intinya APBD harus dibelanjakan di DIY agar perekonomian rakyat bergerak,” ucap politisi muda ini.(set)