Usai Tugu, Kabel Kawasan Kota Baru Bakal Ditanam

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi memastikan pasca rampungnya proyek penanaman kabel di kawasan Tugu Pal Putih, Pemkot bakal melanjutkan proyek serupa di kawasan Kota Baru dan jalan Jenderal Soedirman.

“Proyek penanaman berbagai kabel yang sebelumnya melintang di atas Tugu selesai keseluruhan pekan ini,” kata Heroe. Rabu (16/12).

Dari pantauan, kabel-kabel telah hilang dan pedestrian Tugu yang ditata berbentuk melingkar dengan hiasan diorama bola mengubah lanskap kawasan ini. Pemandangan baru ini jujugan baru bagi wisatawan khususnya pesepeda untuk mengambil gambar.

Sesuai perencanaan proyek senilai Rp9,5 miliar ini. Kabel listrik maupun optik dari arah timur ditanam sejauh 140 meter ke arah barat. Kemudian kabel yang sama dari arah utara ditanam sejauh 120 meter ke selatan.

Pasca Tugu, Heroe menyatakan proyek penataan dan penanaman kabel selanjutnya akan menyasar jalan Sudirman yang akan dilakukan secara bertahap. Saat ini di beberapa titik, seperti di barat perempatan Gramedia kabel sudah diturunkan.

“Penataan kawasan ini sebagai upaya sebagai revitalisasi Kota Baru yang merupakan cagar budaya dengan karakter indies. Terlebih dengan revitalisasi itu membuat kawasan tersebut menjadi tempat edukasi bagi masyarakat,” jelas Heroe.

Ini juga sebagai pendukung keberadaan penanda di sejumlah penggal jalan atau bangunan yang berisi sejarah, teks dan konteks peran fungsi bangunan di kawasan itu pada masa lalu.
“Sehingga bisa menjadi sarana edukasi dan tempat untuk hangout bagi warga dan wisatawan,” ucapnya.

Ditemui salah satu pesepeda, Mila senang dengan tampilan Tugu Pal Putih yang baru dengan hilangnya kabel suasana terkesan lebih bersih.

“Ya foto-foto karena sekarang pemandangan Tugu kelihatan lebih luas dan bagus saja dibanding pas ada kabel-kabel itu. Kedepannya kabel-kabel di Kota Yogyakarta bisa ditanam di bawah tanah semuanya,” ucapnya.(set)