Wisatawan di Yogyakarta Diimbau Tetap Taat Prokes Saat Berlibur

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus berupaya menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia dengan melakukan edukasi dan pemberian masker secara langsung kepada masyarakat, salah satunya di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Yogyakarta pada Minggu (27/2).

Provinsi Yogyakarta dalam beberapa hari terakhir menjadi salah satu daerah yang memiliki kenaikan kasus konfirmasi positif cukup tinggi.

Selain itu, daerah ini merupakan tujuan masyarakat untuk berwisata.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto yang turut hadir untuk langsung membagikan masker kepada masyarakat mengatakan, pembagian masker ini sebagai langkah dari pemerintah pusat untuk menegakan protokol kesehatan guna mengurangi laju penularan khususnya varian Omicron.

“Melanjutkan kegiatan yang sudah dilakukan minggu-minggu sebelumnya, BNPB membagikan masker di beberapa daerah yang mengalami peningkatan kasus Covid, DKI Jakarta, kemudian Jawa Barat dan kemarin di Jawa Tengah, sekarang beralih ke Yogyakarta,” ucap Suharyanto saat membagikan masker di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, Provinsi Yogyakarta.

Tujuan pembagian masker ini untuk mengingatkan masyarakat dan wisatawan agar tetap taat protokol kesehatan dan waspada terhadap penyebaran COVID-19.

“Dengan pembagian masker ini diharapkan meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan dan membantu memenuhi kebutuhan masyarakat akan masker,” lanjutnya.

Dirinya berpesan agar masyarakat selalu melaksanakan protokol kesehatan dimanapun berada meskipun saat berlibur.

“Protokol kesehatan yaitu 5 M, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan yang utama adalah memakai masker,” pungkasnya.

Adapun pembagian masker dilakukan pada area berkumpulnya masyarakat seperti Pasar Bringharjo, Pasar Prambanan, Pasar Bantul, Pasar Satwa PASTY.

Kemudian juga Stadion Maguwoharjo, Stadion Sultan Agung, Taman Pintar, Gembira Loka, Tebing Breksi, Pantai Parang Tritis, Pantai Depok, Kaliurang, Teras 1 Malioboro, Teras 2 Malioboro, dan Malioboro Mall.

Untuk informasi bantuan masker yang diberikan oleh BNPB dengan total 1,3 juta lembar untuk Provinsi Yogyakarta yang didistribusikan oleh BNPB bersama BPBD, TNI/POLRI, FORKOMPINDA dan relawan daerah Provinsi Yogyakarta. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *