11 Ribu Pelayan Publik di Yogyakarta Disuntik Vaksin

by

Bantul, Koran Jogja – Sebanyak 11.000 ASN di DI Yogyakarta bakal mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama. Vaksinasi kategori pelayan public dilaksankan Pemda DIY selama lima hari dari 15-19 Maret dan dipusatkan di Jogja Expo Center (JEC) Bantul.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan DIY,Agus Priyanto mengatakan ditargetkan pelaksanaan vaksin massal dengan sasaran pelayan public mencapai 11.600 orang.

“Paling tidak dalam sehari kita bisa melayani 2.500 orang. Tidak hanya kalangan ASN, petugas di instansi vertikal, lembaga khusus dan awak media turut divaksin,” kata Agus, Senin (15/3).

Lanjut Agus, untuk instansi vertikal yang dimaksud seperti Bank Indonesia, Diklat Kemendagri, hingga Diklat Keuangan. Untuk lembaga khusus selain sejumlah jurnalis juga ada dari Keraton Yogyakarta dan Puro Pakualaman.

“Cuma vertikal sendiri belum semua, ini baru 32 dari 70an instansi vertikal. Nanti Keraton itu lembaganya (lembaga khusus). Hari ini ada putra putri Keraton Yogyakarta dan Puro Pakualaman,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih menerangkan sampai Minggu sore (14/3), tercatat sebanyak 103.157 warga sudah menerima vaksin.

“Mereka terbagi dalam kategori tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 43.134, pelayan publik 54.381 dan lansia 5.643,” jelasnya.

Hadirnya vaksinasi yang aman untuk sasaran yang memiliki penyakit penyerta (Komorbid) menjadikan adanya peningkatan jumlah orang yang tervaksin dibandingkan sasaran sebelumnya.

Semisal kategori pelayan publik menjadi 334.000 dan lansia bakal menyasar 295.000. Khusus di JEC, sebanyak 300 tenaga vaksinator dikerahkan untuk memberikan vaksin.

Adanya kerumunan di pintu masuk dan kartu pasca observasi. Berty mengatakan hal itu disebabkan banyaknya peserta yang datang tidak sesuai jadwal karena takut kehabisan vaksin. Padahal pihaknya sudah menjadwalkan dua shift penyuntikkan vaksin.

Putri raja Ngayogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X terlihat ikut vaksinasi massal seperti GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno dan GKR Hayu.(set)