135 Ribu Masker Dibagikan di 13 Pasar Bantul

by 1 week ago

Bantul, Koran Jogja – Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta membagikan masker sebanyak 135 ribu serentak di 13 pasar di Bantul. Selanjutnya satu juta masker akan dibagi di empat kabupaten dan satu kota.

Pembagian simbolis masker dipusatkan di Pasar Pundong, Bantyl, Senin (12/10) pagi.

Kepala Pelaksana BPBD Pemda DI Yogyakarta Biwara Yuswantana menjelaskan pembagian satu juta masker ini merupakan bagian dari gerakan wajib masker saat keluar rumah.

“Pulihnya ekonomi di masa pendemi ini menjadi peluang interaksi antar orang semakin besar. Ini berarti semakin besar peluang penularan,” katanya.

Karena itulah, sebagai antisipasi besarnya peluang paparan Covid-19, penerapan protokol yang ketat harus diwajibkan. Salah satunya penggunaan masker saat keluar rumah.

Penggunaan masker, menurut Biwara tidak sekedar menjaga kesehatan diri sendiri, namun juga kesehatan banyak orang. Terlebih sekarang ini banyak pasien positif berstatus asimtomatic atau orang tanpa gejala (OTG).

“Dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kita mendapatkan 1 juta masker yang dibagi rata untuk empat kabupaten dan satu kota,” lanjut Biwara

Pembagian masker di daerah akan menjadi tanggung jawab Forum Penanggulangan Risiko Bencana (FPRB) yang ada ditingkat desa.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto mengatakan 135 ribu masker diakan dibagi ke 13 pasar dalam waktu 13 hari kedepan. Pembagian juga akan dilaksaknakan oleh 75 FPRB.

“Kita berharap masyarakat semakin sadar dampak dan bahaya Corona ini. Untuk mencegah penularan selalu gunakan masker,” tutur Dwi.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bantul, Budi Wibowo mengatakan pulihnya perekonomian yang terjadi saat ini tidak akan ada arti bila tidak dibarengi mematahi protokol kesehatan.

“Kita tidak tahu kapan pendemik berakhir. Tapi mari jaga semangat bersama menerapkan protokol kesehatan di semua tempat termasuk di pasar-pasar. Kita tidak ingin adanya klaster baru di Bantul. Saya yakin dengan kebersamaan kita akan bisa melawan COVID-19,”tegasnya.‎(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *