Senin, 22 Juli 2024
Koran Jogja

250 Ribu Wisatawan Diprediksi Masuk Bantul saat Puncak Libur Lebaran

250 Ribu Wisatawan Diprediksi Masuk Bantul saat Puncak Libur Lebaran. (Ist)
250 Ribu Wisatawan Diprediksi Masuk Bantul saat Puncak Libur Lebaran. (Ist)

Koran Jogja – Dinas Pariwisata Bantul memprediksi sekitar 250 ribu wisatawan masuk ke sejumlah objek wisata di Bantul saat puncak libur lebaran, yakni 11 sampai 14 April 2024.

Plt Kadispar Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding libur lebaran pada 2023 lalu.

“Jumlah wisatawan saat libur lebaran tahun lalu tercatat ada 218 ribu orang yang berwisata ke Bantul,” katanya, Kamis (28/3).

Dalam upaya antisipasi ini, Dispar Bantul menyiagakan personel untuk mengawal penarikan retribusi di TPR.

Rinciannya untuk TPR Induk Parangtritis sebanyak 104 orang, TPR Depok Parangtritis sebanyak 15 orang, TPR Samas sebanyak 19 orang.

Kemudian di TPR Gua Cemara sebanyak 8 orang, TPR Kuwaru sebanyak 9 orang, TPR Pandansimo 8 orang, TPR Goa Selarong 6 orang, dan TPR Gua Cerme 6 orang.

Selain itu akan diterjunkan 50 personel di TPR Induk Parangtritis mulai 15 sampai 21 April mendatang untuk langkah antisipasi mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebagai upaya menjaga komitmen perwujudan Sapta Pesona di berbagai objek wisata di Bantul, Kwintarto menegaskan pihaknya telah mengeluarkan edaran bagi pelaku wisata untuk tidak menaikkan harga secara ugal-ugalan.

Kwintarto masih memaklumi jika terjadi sedikit kenaikan karena momen hari libur. Namun harus tetap disosialisasikan ke pengunjung melalui menu harga.

“Jangan sampai nuthuk. Kalau ada yang merasa dirugikan silahkan melapor, kami segera tindak,” paparnya.

Dispar Bantul bersama-sama stakeholder berupaya melayani wisatawan seoptimal mungkin. Kebersihan, keamanan, prosedur kesehatan sudah dipersiapkan untuk menyambut wisatawan. (Set)

Baca artikel lainnya:

Leave a Reply