5 Cara Meningkatkan Asam Lambung di Rumah

by

Koran Jogja – Asam lambung sangat penting untuk proses pencernaan. Ketika perut tidak dapat menghasilkan asam yang cukup, mineral dan protein utama tidak dapat diserap ke dalam tubuh ini. Asam lambung rendah secara medis disebut sebagai hipoklorhidria. (Helathline, 2/7)

Jika tubuh tidak menerima nutrisi yang diperlukan, Anda bisa menjadi kekurangan vitamin atau mineral. Asam lambung juga bertanggung jawab untuk membunuh bakteri berbahaya dari makanan dan menetralkan enzim.

Asam lambung yang rendah dapat membuat tubuh rentan terhadap sejumlah penyakit dan komplikasi kesehatan.

5 cara meningkatkan asam lambung

Mengobati asam lambung rendah tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Jika Anda telah diberi resep obat antasida untuk gejala mulas Anda, dokter Anda mungkin mengubah resep Anda untuk menghindari memicu gejala hipoklorhidria.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membantu meningkatkan kadar asam lambung Anda sendiri.

1. Kunyah makanan Anda

Tip sederhana namun diabaikan untuk meningkatkan kadar asam lambung dan pencernaan adalah mengunyah makanan Anda secara menyeluruh. Pencernaan dimulai dari mulut Anda. Berpacu dengan makanan Anda dapat memengaruhi cara tubuh Anda mencerna makanan.

Kunyah makanan Anda dan ambil gigitan kecil untuk merangsang enzim pencernaan Anda. Ini dapat menghilangkan gejala yang terkait dengan asam lambung rendah dan membantu mempertahankan tingkat positif di perut Anda.

2. Batasi makanan olahan

Diet seimbang yang kaya buah dan sayuran juga dapat meningkatkan kadar asam lambung Anda. Makanan olahan dan gula dapat menyebabkan peradangan di perut Anda, menurunkan aktivitas asam, dan memicu gejala refluks asam.

Memasukkan diet sehat juga dapat meningkatkan proses pencernaan Anda, memungkinkan perut untuk memecah makanan secara memadai dan menyerap protein penting ke dalam tubuh. Pertimbangkan untuk membatasi asupan alkohol untuk manfaat tambahan.

3. Makan sayuran yang difermentasi

Sayuran fermentasi – seperti kimchi, asinan kubis, dan acar – secara alami dapat meningkatkan kadar asam lambung Anda. Sayuran dan makanan yang difermentasi memiliki efek probiotik yang dapat meningkatkan pencernaan, melawan bakteri berbahaya dan mengurangi peradangan akibat asam lambung rendah.

Selain meningkatkan pencernaan, sayuran fermentasi telah dikaitkan dengan memperkuat fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan penurunan berat badan, dan menurunkan tekanan darah. Sebelum memasukkan makanan fermentasi ke dalam diet Anda, diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.

4. Minum cuka sari apel

Cuka sari apel mentah adalah cairan fermentasi yang terbuat dari apel, bakteri, dan ragi yang dihancurkan. Ini kaya akan protein dan enzim yang dapat membantu memecah bakteri dalam makanan. Cuka sari apel mentah dapat meningkatkan kadar asam lambung karena sifat asamnya memasukkan lebih banyak asam ke saluran pencernaan.

Selain meningkatkan kadar asam lambung, cuka sari apel mentah telah dikaitkan dengan pengurangan gejala refluks asam, diabetes, dan gula darah tinggi.

Untuk menggunakan cuka sari apel, encerkan sedikit dengan air dan minum sebelum makan. Tanpa air atau pelarut lain, cuka sari apel dapat merusak enamel pada gigi Anda.

5. Makan jahe

Jahe dikenal luas karena sifat anti-inflamasinya, kualitas penting untuk mengurangi peradangan dari asam lambung yang rendah. Ini juga telah diakui sebagai pengobatan alternatif untuk refluks asam dan gangguan pencernaan lainnya. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi efeknya pada peningkatan asam lambung.

Anda dapat mengiris, memarut, atau menyeduh jahe menjadi teh dan makanan. Ini juga tersedia sebagai suplemen oral dan sebagai bubuk. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memasukkan jahe ke dalam makanan Anda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *