7 fakta menarik tentang Bumi

by

Koran Jogja – Tahukah Anda bahwa planet kita sedang meroket mengelilingi matahari dengan kecepatan 67.000 mph?

Atau mungkin dulunya berwarna ungu? Berikut adalah 7 fakta tentang Bumi. (Livescience)

1. Kami adalah batu ketiga dari matahari

Rumah kita, Bumi, adalah planet ketiga dari matahari dan satu-satunya dunia yang diketahui mendukung atmosfer dengan oksigen bebas, lautan air cair di permukaan dan kehidupan.

Bumi adalah salah satu dari empat planet terestrial, menurut NASA: Seperti Merkurius, Venus, dan Mars, permukaannya berbatu.

2. Bumi tergencet

Bumi bukanlah bola yang sempurna. Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), saat Bumi berputar, gravitasi menunjuk ke pusat planet kita (dengan asumsi untuk penjelasan bahwa Bumi adalah bola yang sempurna), dan gaya sentrifugal mendorong ke luar.

Tapi karena gaya melawan gravitasi ini bekerja tegak lurus terhadap sumbu bumi, dan sumbu bumi dimiringkan, gaya sentrifugal di ekuator tidak sepenuhnya berlawanan dengan gravitasi.

3. Planet ini memiliki lingkar pinggang

Gravitasi mendorong massa ekstra air dan bumi menjadi tonjolan, atau “ban serep” di sekitar planet kita. Di khatulistiwa, keliling dunia adalah 24.901 mil (40.075 kilometer), menurut Space.com.

Fakta bonus: Di khatulistiwa, berat Anda akan lebih ringan daripada jika berdiri di salah satu kutub.

4. Bumi sedang bergerak

Anda mungkin merasa seperti sedang berdiri diam, tetapi Anda terus bergerak — cepat. Tergantung di mana Anda berada di dunia, Anda bisa berputar dengan planet dengan kecepatan lebih dari 1.000 mil per jam, menurut Space.com.

Orang-orang di khatulistiwa bergerak paling cepat, sementara seseorang yang berdiri di kutub Utara atau Selatan akan diam sempurna.

(Bayangkan sebuah bola basket berputar di jari Anda. Sebuah titik acak di ekuator bola memiliki jarak yang lebih jauh dalam satu putaran sebagai titik di dekat jari Anda. Dengan demikian, titik di ekuator bergerak lebih cepat.)

5. Planet bergerak mengelilingi matahari

Bumi tidak hanya berputar: Bumi juga bergerak mengelilingi matahari dengan kecepatan 67.000 mil (107.826 km) per jam, menurut American Physical Society.

6. Bumi berumur miliaran tahun

Para peneliti menghitung usia Bumi dengan mengencani batuan tertua di planet ini dan meteorit yang telah ditemukan di Bumi (meteorit dan Bumi terbentuk pada saat yang sama, ketika tata surya terbentuk).

Temuan mereka? Bumi berusia sekitar 4,54 miliar tahun, menurut National Center for Science Education.

7. Planet ini didaur ulang

Tanah yang Anda pijak didaur ulang. Siklus batuan bumi mengubah batuan beku menjadi batuan sedimen menjadi batuan metamorf dan kembali lagi.

Siklusnya bukanlah lingkaran yang sempurna, tetapi dasar-dasarnya bekerja seperti ini: Magma dari dalam bumi muncul dan mengeras menjadi batu (itulah bagian yang membeku).

Proses tektonik mengangkat batu itu ke permukaan, di mana erosi mencukur sedikit. Fragmen kecil ini diendapkan dan dikubur, dan tekanan dari atas memadatkannya menjadi batuan sedimen seperti batu pasir.

Jika batuan sedimen terkubur lebih dalam, mereka “memasak” menjadi batuan metamorf di bawah banyak tekanan dan panas, menurut Dorling Kindersley.

Dalam perjalanannya, tentunya batuan sedimen dapat tererosi kembali atau batuan metamorf yang terangkat kembali.

Tetapi jika batuan metamorf terperangkap di zona subduksi di mana satu bagian kerak mendorong di bawah yang lain, mereka mungkin menemukan diri mereka berubah kembali menjadi magma. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *