Alien Ramah Tapi Tidak Bisa Diprediksi Mereka Akan Menakhlukkan Bumi, Kata Teori String Michio Kaku

by

Koran Jogja – Ahli teori string Michio Kaku mengatakan bahwa manusia harus berhati-hati dalam menghubungi alien karena ancaman kehidupan ekstra-terestrial yang menaklukkan kita.

Kaku membuat komentar tersebut sehubungan dengan pengembangan teleskop James Webb, teleskop luar angkasa besar yang akan menjadi penerus Hubble.

Dengan biaya $ 8,8 miliar, piringan sepanjang 20 kaki ini akan mampu menjangkau jauh ke dalam luasnya ruang angkasa. Memantau panjang gelombang infra merah yang tidak terlihat, teleskop akan dapat menatap ke belakang 13 miliar tahun ke belakang karena kecepatan cahaya yang bergerak melalui ruang angkasa dan menemukan sejumlah besar galaksi yang sebelumnya tidak terlihat oleh para ilmuwan.

NASA membandingkan kemampuan Hubble karena mampu melihat “galaksi balita”, sedangkan Webb dapat melihat “galaksi bayi”.

Pembangunan teleskop Webb akan memberi ilmuwan “ribuan planet untuk dilihat, dan itulah mengapa menurut saya kemungkinannya cukup tinggi bahwa kita dapat melakukan kontak dengan peradaban alien”, kata Kaku dalam wawancara baru-baru ini dengan The Guardian.

“Ada beberapa kolega saya yang percaya bahwa kita harus menjangkau mereka. Saya pikir itu ide yang buruk. Kita semua tahu apa yang terjadi pada Montezuma ketika dia bertemu Cortés di Meksiko ratusan tahun yang lalu. Sekarang, secara pribadi, saya pikir alien di luar sana akan bersahabat tetapi kita tidak bisa bertaruh. Jadi saya pikir kami akan melakukan kontak tetapi kami harus melakukannya dengan sangat hati-hati. ”

Singgungan yang dibuat di sini adalah penakluk Spanyol abad ke-16, Hernán Cortés, yang membunuh penguasa Aztec Moctezuma Xocoyotzin. Moctezuma menjadi tuan rumah Cortés dan Spanyol selama berbulan-bulan, tetapi akhirnya ketegangan meningkat antara kedua kelompok karena meningkatnya kehadiran tentara Spanyol.

Moctezuma akhirnya menjadi sandera di rumahnya sendiri dan dibunuh – meskipun rincian kematiannya tidak jelas karena laporan yang bertentangan dari sumber.

Selain prospek perang yang jelas, cerita tersebut juga bisa menjadi peringatan tentang pentingnya komunikasi, dan kemungkinan undangan Earth disalahpahami sebagai sesuatu yang sebenarnya bukan.

Cortéz mengklaim bahwa Moctezuma telah menyerahkan kekuasaannya kepada Raja Spanyol, tetapi sejarawan mengklaim bahwa tindakan tersebut pada kenyataannya berarti sebaliknya – bahwa Moctezuma dengan sopan menyatakan legitimasinya sendiri. Ada kemungkinan juga bahwa Cortéz hanya berbohong untuk memberi monarki Spanyol pembenaran yang diperlukan untuk berperang.

Prospek invasi alien secara historis menerima tanggapan beragam. Para ilmuwan menemukan bahwa manusia akan positif menemukan kehidupan asing dengan mempelajari reaksi mereka terhadap berita tentang prospek tersebut, bahkan jika itu berarti makhluk luar angkasa sedang menuju ke Bumi.

Namun penelitian yang berlawanan telah menyarankan bahwa pesan yang dikirim oleh alien dapat mengganggu kehidupan di Bumi.(rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *