Bank Sampah di Sleman Peroleh Bantuan Laptop Dari Acer

by
Monica Sutanto Pribadi, Head of HRGA, Acer Indonesia. (stimewa)

Monica Sutanto Pribadi, Head of HRGA, Acer Indonesia. (stimewa)

Sleman, Koran Jogja – Sebagai dukungan pada efektifitas usaha pengelolaan sampah di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acer Indonesia menyerahkan bantuan perangkat teknologi berupa laptop untuk pengelolaan administrasi Bank Sampah Tamanmartani.

Head of HRGA Acer Indonesia Monica Sutanto Pribadi yang langsung menyerahkan bantuan kepada Lurah Tamanmartani Gandang Harjanata mengungkapkan pemilihan Bank Sampah Tamanmartani karena ini merupakan organisasi yang giat melakukan edukasi serta pengelolaan sampah rumah tangga atau sampah domestik, yang menjadi persoalan lingkungan.

“Sebagai wilayah dengan jumlah penduduk terpadat di DIY, Sleman dengan jumlah penduduk 1,13 juta jiwa atau 30,69 persen dari total penduduk DIY memiliki permasalahan peningkatan jumlah volume sampah yang dibuang berbagai Tempat Penampungan Sampah Terpadu (TPST),” kata Monica, Kamis (8/12).

Adanya bantuan ini diharapkan semakin mempermudah para anggota bank sampah melayani para anggotanya secara lebih cepat dan akurat. Dengan begitu akan membantu pengelolaan sampah domestik menjadi lebih baik di daerahnya.

“Bantuan laptop Acer Aspire 5 akan semakin memudahkan pelayanan petugas dalam mengadministrasikan pencatatan aktivitas para anggotanya,” lanjut Monica.

Pengelola bank sampah bisa memanfaatkan laptop Acer untuk kebutuhan pengelolaan sistematis bank sampah yang dapat memudahkan pencatatan buku tabungan anggota, buku daftar anggota, buku induk besar keuangan bank sampah, buku rekap penyetoran anggota, arsip dokumentasi, dan pendataan lainnya.

Lebih jauh Ia menjelaskan, sebagai perusahaan teknologi, Acer berkontribusi dalam upaya perwujudan antara pembangunan ekonomi, sosial, dan juga lingkungan. Acer akan terus berkomitmen mendukung usaha semua pihak dalam menjaga lingkungan.

“Dukungan laptop Acer merupakan bentuk inisiatif sosial Acer dalam rangka membantu efektivitas pengelolaan administrasi Bank Sampah Tamanmartani agar lebih efisien sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada jaringan anggotanya,” ungkapnya.

Program dukungan kepada aktivitas lingkungan yang berdampak positif bagi masyarakat oleh Acer ini mengacu pada data Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Di mana angka nasional menunjukkan, jumlah sampah di Indonesia pada 2021 mencapai 21,88 juta ton.

Meski mengalami penurunan signifikan hingga 33 persen dari tahun sebelumnya, namun kontribusi sampah rumah tangga tercatat mencapai lebih dari 42 persen, jauh lebih besar dibanding sampah yang dihasilkan perniagaan, pasar, perkantoran, fasilitas publik, dan yang lainnya.

Kepala Unit Bank Sampah Tamanmartani Hendri Tri Wibowo berterima kepada Acer yang telah memberikan dukungan perangkat teknologi laptop Acer.

“Dengan menggunakan laptop Acer ini, kegiatan kami semakin terbantu, khususnya dalam melakukan pencatatan manual menjadi elektronik untuk setiap aktivitas Bank Sampah Tamanmartani,” katanya.

Hendri meyakini dukungan ini dapat membentuk Bank Sampah Tamanmartani sebagai bank sampah pusat dan mengaktifkan kembali 8 pengelola sampah mandiri untuk diubah menjadi 8 cabang bank sampah. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *