Bantu Warga Terdampak, Relawan Peduli Gunungkidul Bagikan Ratusan Nasi Kotak

by

Gunungkidul, Koran Jogja – Relawan peduli Gunungkidul membuat gerakan berbagi untuk warga terdampak Covid-19. Sedikitnya 100 nasi kotak dibagikan kepada warga terdampak mulai dari tukang ojek hingga buruh pasar dari tanggal 26-28 Juli 2021 di 3 lokasi.

Koordinator Relawan Peduli Gunungkidul Fajar Risdiyanta mengatakan, kegiatan #GerakanBerbagiUntukWarga di Gunungkidul merupakan bentuk kepedulian warga dalam rangka penanganan Covid-19 dengan pemberian bantuan sosial berupa nasi kotak sebanyak 100 per harinya bagi warga terdampak Covid-19.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam 3 hari berturut, dari tanggal 26-28 Juli 2021 di 3 lokasi. Pihaknya bekerjasama dengan warga yang memiliki kemampuan ekonomi lebih baik untuk membantu gerakan ini.

Gerakan ini didasari keprihatinan terkait dampak PPKM yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Mereka yang biasa mendapatkan upah harian seperti juru parkir, pedagang kaki lima, hingga buruh gendong, perekonomiannya terpuruk karena tidak bisa bekerja maksimal selama PPKM.

Fajar mengatakan pembagian nasi kotak pada #GerakanBerbagiUntukWarga, hari pertama di Pasar Argosari, hari kedua di Taman parkir depan pasar argosari dan hari ketiga ini dilakukan di Taman Kuliner Wonosari Kab. Gunungkidul, karena di 3 lokasi tersebut banyak aktivitas warga, khususnya para pedagang yang menjual beraneka ragam makanan.

“Apabila gerakan tersebut mendapat dukungan dari masyarakat, tidak menutup kemungkinan kegiatan yang sama akan terus berlanjut dan bersinergi dengan Pemkab Gunungkidul,” ucap Fajar dalam rilis yang diterima Rabu (28/7/2021)

Dia berharap gerakannya ini ditiru komunitas ataupun warga yang berkecekupan untuk membantu warga kurang mampu. Saat pandemi dan perekonomian sedang lesu, semua pihak harus bergandengan tangan untuk membantu sesama.

Mujiono salah satu tukang becak mengatakan pembagian nasi kotak tersebut sangat membantu, disaat pendapatan berkurang akibat menurunya masyarakat yang menggunakan jasa tukang becak di sekitar Taman Kuliner Wonosari.

“Diharapkan bantuan nasi kotak seperti ini bisa dilakukan warga lain untuk membantu masyarakat yang membutuhkan sehingga akan meringankan beban mereka untuk memenuhi sebagian kebutuhan sehari-hari,” ucap Mujiono

Giatno Ketua paguyuban Juru Parkir Pasar Argosari berharap pandemi segera berakhir, dan ekonomi pulih. “Bentuk kepedulian ini patut diapresiasi harapannya kedepan sikap empati yang berwujud bantuan semacam ini dapat berkelanjutan dan tidak hanya putus sampai disini karena sangat membantu kami disaat pendapatan berkurang akibat menurunya pengunjung pasar dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan sosial masyarakat,” ucap Giatno.(mar)