Berlagak Pinjam Korek, Dua Pengangguran Gondol Hp Mahasiswa

by

Bantul, Koran Jogja – Berpura-pura meminjam korek ke mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, dua pengangguran terekam melakukan aksi pencurian dan perampasan. Tiga bulan pasca kejadian, dua pelaku ditangkap Polres Bantul.

Dalam jumpa pers di Mapolres Bantul, Rabu (24/6) AKBP Ihsan menerangkan dua pelaku yang ditangkap berinisial LH (26) dan IA (18). Mereka berdua ditangkap pada Senin (14/6) di Kecamatan Pajangan.

“Mereka memang sengaja mengincar mangsa di kampus yang tengah sepi karena pandemi Covid-19. Sasarannya adalah mahasiswa yang sedang berkegiatan di luar ruang,” katanya.

Dalam aksinya yang terekam CCTV pada pada Rabu (24/3), kedua pelaku yang masuk ke areal kampus pukul 19.00 WIB sebelumnya berputar-putar di sekitar Laboratorium Seni.

Saat itu, korban yang berinisi DA (21) dari Banyuwangi, Jawa Timur sedang duduk di teras laboratorium sambil membaca naskah teater bersama rekannya. Kedua pelaku lantas mendatangi mereka dan berpura-pura meminjam korek.

“Setelah dipinjami korek, LH kemudian mengeluarkan celurit yang membuat DA dan rekan-rekannya kabur. Dari sanalah kedua pelaku lalu mengambil handphone korban yang tertinggal,” kata Ikhsan.

Lamanya waktu yang dibutuhkan kepolisian dalam mengungkap aksi ini diakui Kapolres karena jajarannya harus memeriksa rekaman serta beberapa saksi sebelum melakukan penangkapan.

Dalam pemeriksaan, diketahui otak aksi perampasan ini adalah LH yang berprofesi sebagai pengemudi ojek online. Sementara IA hanya diajak untuk melancarkan aksi.

Motif keduanya melakukan perampasan karena motif ekonomi guna memenuhi kebutuhannya. Dari keduanya polisi menyita barang bukti berupa satu unit handphone yang digunakan pelaku sendiri, sebilah celurit, dan sepeda motor yang digunakan beraksi.

Keduanya bakal dijerat pasal 362 KUHP dengan ancaman paling lama lima tahun penjara.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *