BPD DIY Salurkan KUR Bunga 0% Bantu Pulihkan Ekonomi

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Sebagai garda terdepan penerimaaan dan pengeluaran daerah Bank BPD DIY selalu mengedepankan inovasi produk perbankan, menyesuaikan tuntutan dan transformasi digital layanan keuangan disemua aspek. Sejalan dengan hal tersebut Bank BPD DIY berkomitmen untuk berkontribusi dalam pemulihan dan ketahanan ekonomi di Yogyakarta.

Pemerintah meluncurkan berbagai stimulus dan subsidi kredit untuk pemulihan ekonomi daerah pasca pandemi. Diantaranya program restrukturisasi kredit dan keringanan bunga diberikan bagi debitur Bank BPD DIY. Dan yang terbaru sesuai edaran Kementerian Perekonomian melalui PMK No.71 Bank BPD DIY dipercaya untuk menyalurkan subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

KUR Bunga 0% ini bisa diakses oleh calon debitur yang memiliki usaha mikro dengan plafon kredit sampai dengan sepuluh juta rupiah, dengan agunan usaha yang dibiayai dan sudah berjalan sekurangnya tiga bulan. Subsidi bunga sebesar 6% diberikan sampai dengan bulan Desember 2020, dan setelahnya berlaku bunga normal.Berdasarkan Permenko nomor 15 dan 16 Tahun 2020 pemerintah menetapkan perpanjangan tambahan subsidi bungan 6% hingga Desember 2020.

Direktur Utama PT Bank BPD DIY, Santoso Rohmadmenyampaikan, berbagai program kredit ini merupakan bentuk dukungan Bank BPD DIY kepada Pemerintah dalam upaya pemulihan dan ketahanan ekonomi nasional.

“Hingga Agustus 2020 Bank BPD DIY telah merestrukturisasi 3.443 debitur KUR yang terdampak Covid-19” ungkap Santoso.

Santoso menyampaikan bahwa hingga Agustus 2020 Outstanding KUR Bank BPD DIY sebesar Rp547,75 miliar yang disalurkan kepada 11.090 debitur. Selain penyaluran dan restrukturisasi KUR, Bank BPD DIY juga memberikan berbagai program kepada nasabah diantaranya seperti meluncurkan kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (PeDe) untuk pengausaha ultra mikro dengan bunga ringan, subsidi bunga dan penjaminan untuk PDAM serta penyaluran berbagai bantuan untuk mengangkat perekonomian masyarakat.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *