Kamis, 25 April 2024
Koran Jogja

Cara Mematikan Lokasi di Instagram, Mudah dan Cepat

 

Koran Jogja – Aplikasi media sosial seperti Instagram memerlukan akses ke lokasi pengguna, tetapi izin tersebut dapat dicabut dengan mudah.

Sebagian besar platform media sosial, agregator taksi, dan layanan pemetaan menggunakan lokasi persis perangkat untuk menawarkan layanan yang dipersonalisasi.

Baca juga: Mengapa peta dunia yang Anda tahu salah?

Namun, meskipun banyak dari aplikasi ini memiliki akses ke lokasi yang akurat, bukan berarti pengguna lain juga memiliki akses ke informasi tersebut.

Meskipun demikian, aplikasi media sosial modern memerlukan banyak izin, termasuk akses ke kamera dan mikrofon ponsel, yang berarti terkadang dapat menimbulkan ancaman privasi jika tidak dikelola dengan baik.

Akses lokasi Instagram menjadi kontroversi besar ketika seorang influencer dengan lebih dari 30.000 pengikut berbagi peringatan tentang bagaimana aplikasi mengungkapkan lokasi persis pengguna ketika mereka menambahkan tag lokasi.

Postingan yang segera menjadi viral dan dibagikan oleh banyak influencer lain itu juga mengklaim bahwa lokasi yang dibagikan digunakan oleh penjahat untuk melakukan kejahatan, termasuk pencurian, penguntit, dll.

Klaim itu palsu, dan dibantah oleh Instagram juga, yang mana kata lokasi yang tepat digunakan untuk fitur seperti tag lokasi dan peta.

Cara Matikan Akses Lokasi Untuk Instagram Di Android

Opsi untuk menonaktifkan lokasi akurat juga tersedia di Android, tetapi langkah persisnya akan berbeda dari satu merek ke merek lainnya.

Di sebagian besar perangkat, pengguna dapat membuka aplikasi Setelan di ponsel mereka, memilih ‘Lokasi’, lalu membuka ‘Akurasi Lokasi’.

Terakhir, nonaktifkan opsi ‘Tingkatkan Akurasi Lokasi’, sehingga memastikan bahwa tidak ada aplikasi yang dapat memperoleh akses ke lokasi persis pengguna.

Namun, meskipun ini akan meningkatkan privasi, ini dapat mencegah aplikasi tertentu, seperti Google Maps, Uber, Doordash, atau GrubHub, agar tidak berfungsi dengan baik.

Pengaturan default Instagram untuk lokasi adalah ‘Nonaktif’, tetapi pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan pengaturan lokasi setiap kali mereka memposting foto untuk memberi tahu pemirsa di mana foto itu diambil.

Secara keseluruhan, mematikan layanan lokasi untuk sebagian besar aplikasi adalah ide bagus untuk alasan keamanan dan privasi.

Baca juga: Mengapa kucing ‘bermain’ dengan mangsanya?

Sebagian besar aplikasi tidak perlu mengetahui lokasi persis pengguna, dan bahkan aplikasi yang paling membutuhkan informasi ini hanya saat aplikasi sedang digunakan.

Itu berarti akses lokasi untuk aplikasi seperti Instagram dapat dimatikan dengan aman saat tidak digunakan. (*)

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=pPZLZzqusIo[/embedyt]