Diklaim Dapat Danais, Bakul Jamu Gendong Bantul Membantah

by

Bantul, Koran Jogja – Disebut menerima bantuan dari Dana Keistimewaan (Danais) hingga Rp1.7 miliar. Kalangan pedagang jamu gendong di Bantul malah mengaku sama sekali belum menerim bantuan dari Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Untuk Kiringan belum dapat bantuan dari Danais, tadi saya sudah tanya ke Ketuanya (kelompok pembuat Jamu) dan Bu Kepala Dusun ,” kata Ketua Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan, Desa Canden, Kecamatan Jetis Sutrisno saat dihubungi wartawan, Jumat (9/7).

Terbagi dalam empat kelompok pedagang jamu gendong Sutrisno menyampaikan secara data anggota di sentra jamu Bantul tercatat 132 orang. Namun yang benar-benar aktif kurang dari 100 orang.

Selama pandemi mendera, bantuan dari Pemda DIY sama sekali belum menyentuh mereka.

“Terakhir itu bantuan dari bank berupa pinjaman lunak dan mesin parut,” katanya.

Sebelumnya, Paniradya Pati Kaistimewaan Aris Eko Nugroho mengklaim telah menyalurkan Rp 340, 5 Miliar dari Dana Keistimewaan (Danais) penanganan COVID-19, di mana anggaran kesehatan yang terkait dengan kebudayaan yakni jamu tradisional nilainya mencapai Rp 1,7 miliar.

“Bantuan ini kami salurkan kepada pelaku jamu gendong di tujuh pedukuhan di Bantul,” kata Aris.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Bantul Agus Sulistiyana bercerita tahun ini pihaknya tidak menggelar kegiatan pemberdayaan pada industri jamu gendong.

“Di kami, pelatihan pada pelaku jamu gendong tahun lalu. Pelatihan pembuatan minum tradisional dua lokasi, di Kiringan dan Dusun Watu, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu,” katanya.

Selain dari APBD, anggaran pelatihan tahun lalu juga berasal dari Danais. Khusunya di Sedayu.

Menurutnya, alokasi seperti pemberdayaan jamu gendong bisa langsung dilakukan dari Pemda DIY. Dugaan kuat, kucuran Rp 1,7 Miliar untuk pemberdayaan jamu gendong di Bantul 2021 dilakukan Pemda DIY.

“Tahun ini kami tidak mendapatkan alokasi dari Danais . Namun 2022 kami ada. Bahkan hari ini kami diminta mengusulkan anggaran untuk 2023,” terang Agus.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *