Pencarian Diperluas Dari Samas Hingga Muara Trisik

by

Bantul, Koran Jogja – Di hari kedua pencarian lima korban laka laut Pantai Goa Cemara, Sanden, Bantul diperluas mulai dari Pantai Samas hingga Muara Trisik dengan rentang jarak 14 Km. Penggunaan Drone untuk pencarian di laut dimungkinkan saat kondisi cuaca membaik.

Lewat rilis, Jumat (7/8), Kasubsi Operasi Kantor Basarnas Yogyakarta Asnawi Suroso mengatakan pencarian di hari kedua melibatkan 60 Tim SAR Gabungan dari berbagai unsur.

“Hari ini proses pencarian dilakukan sejak pukul 06.00 – 11.00 WIB dengan membagi personel dalam tujuh search and rescue (SRU). Mereka akan melakukan penyisiran darat sepanjang pantai,” kata Suroso.

Dalam pencarian, SRU 1 bertugas menyisir pantai sepanjang Pantai Samas sampai pantai Goa Cemara. Kemudian SRU 2, bergerak dari Pantai Gua Cemara ke Pantai Indocor yang berada di sisi barat TKP dengan berjalan kaki sejauh 3 Km.

Lalu SRU 3 dari Pantai Indocor sampai Pantai Pandan Simo dengan jalan kaki sejauh 4 kilometer, dilanjut SRY 4 melakukan penyisiran dari Pantai Pandan Simo – Muara Trisik dengan berjalan kaki sejauh 4 kilometer.

Sedangkan SRU 5 bertugas memback-up penyisiran darat dari Pantai Goa Cemara- Muara Trisik menggunakan kendaraan amphibious sejauh 11 kilometer. SRU 6 juga bertugas menyisir dari Pantai Goa Cemara- Pantai Samas menggunakan ATV dengan jarak 3 kilometer.

“Untuk SRU 7, bertugas menyisir seluruh kawasan pantai dan jika memungkinkan perairan via via udara menggunakan paramotor dan drone jika cuaca membaik. Penggunaan perahu jukung dalam proses pencarian juga kita siapkan,” katanya.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul Dwi Rias Pamuji menjelaskan sesuai SOP, proses pencarian akan dilakukan tiga hari semenjak kejadian. Namun bisa diperpanjang atas permintaan keluarga jika korban belum diketemukan.

“Hingga siang ini masih nihil dan proses pencarian akan dilanjutkan sesudah makan siang sampai sore nanti,” katanya.

Diberitakan, Kamis (6/8), tujuh warga Tempel, Sleman terseret ombak besar Pantai Goa Cemara. Dalam kronolisnya, lima orang yang hilang awal dikabarkan mengejar bola yang terbawa ombak.

Lima korban yang masih dinyatakan hilang yaitu Joko Widodo (30), Moh Zafir Alfarizi (8), M. Rizky Romadhon (7), Ahmad Chairul Fatah (4), dan Muhammad Zidane Abdori (8).

“Sedangkan dua korban, yang sebetulnya berusaha menolong para korban yaitu Ulu Nur Rohmi (28) dan Ahmad Nur Fauzi (30) berhasil dievakuasi namun meninggal dalam perjalanan ke Puskesmas,” kata Kapolsek Sanden, AKP Tukirin.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *