Disoroti Bantuan Ke Isoman, Pemda DIY Anggarkan Rp7 Miliar

by

Yogyakarta, Koran Jogja – DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyoroti perhatian pemerintah daerah (Pemda) terkait bantuan ke penderita yang melakukan isolasi mandiri (Isoman). Pemda bergerak dengan menganggarkan bantuan permakanan total Rp7 miliar.

Sorotan ini disampaikan Ketua DPRD DIY Nuryadi saat mengelar rapat kordinasi (Rakor) pimpinan dengan Gugus Tugas Covid koord penanganan Covid-19, Selasa (7/7).

“Banyak anspirasi yang masuk ke kami terkait bantuan ke mereka yang melakukan insoman. Bantuan dari pemerintah daerah belum nampak,” ucap Nuryadi.

Nuryadi menyadari, banyaknya warga positif yang memilih insoman, meski belum diketahui jumlahnya. Karena hal ini adalah pilihan terbaik ketika kapasitas rumah sakit maupun shleter yang ada tidak mampu menampung lagi.

Meski sudah ada kebijakan dari pusat soal bantuan ke insoman. Nuryadi berharap Pemda, Kabupaten/Kota hingga tingkat desa di DIY memberikan perhatian sebagai bentuk kehadiran negara.

“Tolong dibuatkan teknisnya bagaimana. Sebab banyaknya warga yang isoman, karena waktu masuk dan berakhirnya tidak bersamaan, bantuan yang diberikan bisa terkontrol dan sampai,” katanya.

Sekretaris Daerah Pemda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan pihaknya sesuai hasil recofusing APBD 2021 telah menyediakan anggaran Rp7 miliar.

“Anggaran kita peruntukan untuk membantu permakanan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri maupun yang ada di shelter-shelter,” paparnya.

Aji mengakui, pendataan terkait jumlah warga yang isoman ini wajib melibatkan kabupaten/kota hingga tingkat desa. Pasalnya, jika satu orang terpapar, maka bisa dipastikan satu keluarga juga positif.

Pemda juga meminta, pemerintah kabupaten/kota sampai desa turut membantu penganggaran bantuan ke warga isoman dengan melakukan pengeseran anggaran.

“Pelibatan pemerintah sampai bawah adalah langkah bagaimana kami harus berbagi. Kita ingin warga yang isoman mandiri juga Kopen,” kata Aji.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *