Kubah Lava di Tengah Kawah Merapi Terus Tumbuh

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Kubah lava di tengah kawah Gunung Merapi mengalami pertumbuhan. Dari pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyebut laju pertumbuhannya rata-rata sepuluulh ribu meter kubik per hari.

Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida dalam keterangannya mengatakan, dari data drone 17 Februari 2021 teramati 2 (dua) kubah lava yang lokasinya berada pada Barat Daya (menempel di dinding Lava1997) dan kubah yang berada di tengah kawah.

Hanik mengatakan, berdasarkan perhitungan foto udara, kubah yang berada di barat daya memiliki dimensi panjang 258 meter, lebar 133 meter, tinggi 30 meter, dan volume sebesar 397.500 meter kubik dengan laju pertumbuhan sebesar 25.200 meter kubik per hari.

Sedangkan kubah lava yang berada di tengah kawah memiliki dimensi panjang 160 meter, lebar 120 meter, tinggi 50 meter, dan volume sebesar 426.000 meter kubik. ” Laju pertumbuhan rata-rata 10.000 meter kubik per hari,” katanya, Jumat (19/2).

Hanik mengatakan, potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak. “Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya,” ucapnya.

Masyarakat juga diimbau mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi. Adapun penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III direkomendasikan untuk dihentikan.(rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *