Efek Samping dari Kunyit

by

Koran Jogja – Kunyit merupakan tanaman yang tumbuh di Asia dan Amerika Tengah. Kunyit adalah umbi akar tanaman. Warna kuning cerah olahan kunyit telah menginspirasi banyak budaya untuk menggunakannya sebagai pewarna.

Bubuk kunyit juga merupakan bahan utama dalam bubuk kari. Kapsul, teh, bubuk, dan ekstrak adalah beberapa produk kunyit yang tersedia secara komersial.

Kurkumin adalah bahan aktif dalam kunyit, dan memiliki sifat biologis yang kuat. Dikutip dari Medical News Today, pengobatan Ayurveda merupakan sistem pengobatan tradisional India, merekomendasikan kunyit untuk berbagai kondisi kesehatan. Termasuk pengobatan nyeri kronis dan peradangan. Pengobatan Barat pun telah mulai mempelajari kunyit sebagai pereda nyeri dan agen penyembuhan.

Efek positif dari kunyit

Sebagai anti inflamasi

The Arthritis Foundation mengutip beberapa penelitian di mana kunyit dapat mengurangi peradangan.

Kemampuan anti-inflamasi ini dapat mengurangi meredakan peradangan yang dirasakan oleh penderita artritis pada persendian mereka.

Yayasan tersebut menyarankan untuk mengonsumsi kapsul yang terdiri dari 400 hingga 600 miligram (mg) kunyit hingga tiga kali sehari untuk meredakan peradangan.

Dapat meredakan nyeri

Banyak orang, termasuk dokter, mengutip pengalaman anekdot mereka sendiri dengan kunyit sebagai pereda nyeri. Bumbu ini juga terkenal dapat meredakan nyeri radang sendi.

Studi tampaknya mendukung kunyit untuk menghilangkan rasa sakit, dengan satu catatan bahwa kunyit tampaknya bekerja sebaik ibuprofen (Advil) pada orang dengan radang sendi di lutut mereka. Meskipun rekomendasi dosis tampaknya bervariasi, mereka yang berpartisipasi dalam penelitian ini mengonsumsi 800 mg kunyit dalam bentuk kapsul setiap hari.

Meningkatkan fungsi hati

Kunyit menjadi perhatian baru-baru ini karena kemampuan antioksidannya. Efek antioksidan dari kunyit tampaknya begitu kuat sehingga dapat menghentikan kerusakan hati Anda oleh racun. Ini bisa menjadi kabar baik bagi orang yang mengonsumsi obat kuat untuk diabetes atau kondisi kesehatan lain yang mungkin melukai hati mereka dengan penggunaan jangka panjang.

Dapat membantu mengurangi risiko kanker

Kurkumin menjanjikan sebagai pengobatan kanker. Studi menunjukkan itu memiliki efek perlindungan terhadap kanker pankreas, kanker prostat, dan multiple myeloma.

Dapat membantu pencernaan

Sebagian alasan kunyit ada dalam bubuk kari adalah karena kunyit menambahkan unsur kelezatan pada makanan. Tapi kunyit juga bisa berperan penting dalam mencerna makanan itu. Karena sifat antioksidan dan antiinflamasinya, kunyit dapat berkontribusi pada kesehatan pencernaan.

Kunyit digunakan dalam pengobatan ayurveda sebagai agen penyembuhan pencernaan. Sekarang pengobatan Barat telah mulai mempelajari bagaimana kunyit dapat membantu peradangan usus dan permeabilitas usus, dua ukuran efisiensi pencernaan Anda. Kunyit bahkan dieksplorasi sebagai pengobatan untuk sindrom iritasi usus besar.

Efek negatif kunyit

Bisa membuat perut Anda sakit

Agen yang sama dalam kunyit yang mendukung kesehatan pencernaan dapat menyebabkan iritasi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Beberapa partisipan dalam penelitian yang mengamati penggunaan kunyit untuk pengobatan kanker terpaksa berhenti bekerja karena pencernaan mereka sangat terpengaruh. Kunyit merangsang lambung untuk memproduksi lebih banyak asam lambung. Meskipun ini membantu pencernaan beberapa orang, ini benar-benar dapat mempengaruhi orang lain.

Menipiskan darah

Tidak jelas mengapa ini terjadi. Manfaat lain yang disarankan dari kunyit, seperti menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah, mungkin ada hubungannya dengan cara fungsi kunyit dalam darah.

Orang yang mengonsumsi obat pengencer darah seperti warfarin (Coumadin) sebaiknya menghindari konsumsi kunyit dosis besar.

Dapat merangsang kontraksi

Anda mungkin pernah mendengar bahwa mengonsumsi makanan yang dibumbui kari dapat merangsang persalinan. Meskipun hanya ada sedikit data klinis yang mendukung klaim ini, penelitian menunjukkan kunyit dapat meredakan gejala PMS. Jadi mungkin ada sesuatu dalam kisah istri tua itu.

Karena hanya memiliki efek pengencer darah, wanita hamil harus menghindari konsumsi suplemen kunyit. Menambahkan sedikit kunyit sebagai bumbu makanan seharusnya tidak menjadi masalah.

Ringkasan

Tampaknya ada manfaat kesehatan untuk memasukkan kunyit ke dalam makanan Anda. Bumbu emas mendukung kesehatan kekebalan, membantu meredakan rasa sakit, dan dapat membantu pencernaan, antara lain. Tetapi karena beberapa efek sampingnya, kunyit mungkin tidak layak dikonsumsi bagi sebagian orang.

Penting untuk berhati-hati saat memutuskan apakah kunyit adalah sesuatu yang perlu Anda coba. Seperti terapi alternatif lainnya, bicarakan dengan dokter Anda sebelum Anda menggunakan kunyit untuk mengobati kondisi kesehatan apa pun yang Anda miliki.

Jika Anda ingin membeli suplemen kunyit atau kurkumin, maka ada pilihan yang sangat baik secara online dengan ribuan ulasan pelanggan yang bagus.(rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *