Fakta Nutrisi dan Manfaat Air Kelapa

by

Koran Jogja – Air kelapa merupakan cairan bening di dalam kelapa hijau, dan mengandung elektrolit, vitamin, dan mineral.

Air kelapa berbeda dengan santan, yang terbuat dari air dan daging buah kelapa tua.

Sekitar 95% Air kelapa hanyalah air. Dengan demikian, dapat membantu mencegah atau mengobati dehidrasi.

Di daerah tropis, air kelapa telah lama menjadi bagian dari diet dan praktik perawatan kesehatan. Beberapa praktisi pengobatan tradisional Ayurveda, misalnya, menggunakan air kelapa untuk mendukung pencernaan, buang air kecil, dan produksi air mani.

Berikut adalan ulasan manfaat kesehatan dari air kelapa dan ilmu di baliknya.

1. Elektrolit

Air kelapa mengandung elektrolit alami. Misalnya, 1 cangkir memiliki 600 miligram (mg) Sumber Tepercaya kalium, yaitu 16% Sumber Tepercaya

dari nilai harian (DV). Kalium memainkan peran penting dalam tubuh, termasuk membantu fungsi ginjal dan kontraksi otot.

Air kelapa bisa menjadi alternatif alami untuk minuman olahraga seperti Gatorade. Sementara air kelapa sering memiliki lebih banyak potasium daripada rata-rata minuman olahraga, air kelapa cenderung memiliki lebih sedikit sodium, elektrolit utama yang hilang melalui keringat.

Selain itu, ia memiliki lebih sedikit karbohidrat daripada banyak minuman olahraga. Ini berarti bahwa itu mungkin tidak memberikan dorongan energi yang cukup selama latihan yang berat atau panjang, tetapi dapat membantu rehidrasi sesudahnya.

2. Hidrasi rendah kalori

Satu cangkir air kelapa mengandung 45 kalori. Academy of Nutrition and Dietetics menekankan bahwa itu adalah pengganti yang bagus untuk minuman seperti soda dan jus, yang umumnya tinggi kalori, gula, dan karbohidrat.

Siapa pun yang menganggap air putih tidak menggugah selera mungkin mendapati bahwa minum air kelapa sepanjang hari meningkatkan hidrasi mereka.

3. Nutrisi

Air kelapa mengandung beberapa nutrisi di luar potasium, termasuk kalsium dan magnesium.

Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 600 mg potasium, sedangkan untuk konteksnya, pisang ukuran sedang mengandung 420 mg. Bagi siapa pun yang ingin meningkatkan asupan kalium, air kelapa mungkin merupakan pilihan yang baik.

Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, terutama saat berolahraga. Dan karena ada lebih banyak kalium daripada natrium dalam air kelapa, kalium dapat membantu menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah — dan bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kalsium mendukung kekuatan tulang dan gigi, dan membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik. Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 56 mg kalsium, 4% dari DV.

Magnesium membantu memindahkan kalsium dan kalium ke dalam otot, dan juga membantu produksi energi dan fungsi organ. Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 60 mg magnesium, yaitu 14% dari DV.

Namun, air kelapa bukanlah sumber kalsium atau magnesium yang terkonsentrasi, sehingga tubuh juga perlu menyerap nutrisi ini dari sumber lain.

4. Manfaat kesehatan untuk jantung

Air kelapa dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kaliumnya dapat membantu mengurangi tekanan darah. Selain itu, sebuah penelitian yang lebih tua menemukan bahwa air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Meskipun air kelapa dapat berperan dalam diet jantung sehat, seseorang tetap harus mengikuti rekomendasi diet dari dokter mereka.

5. Antioksidan

Air kelapa mengandung antioksidan, yang membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas.

Sementara beberapa penelitian selama bertahun-tahun telah meneliti antioksidan dalam air kelapa, relatif sedikit yang melibatkan partisipan manusia.

Salah satu penelitian terbaru, yang diterbitkan pada tahun 2016, menemukan bahwa antioksidan potensi tinggi air kelapa membantu mengurangi penanda kolesterol pada tikus.

6. Manfaat untuk gula darah

Minum air kelapa tanpa pemanis sebagai pengganti minuman manis dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darah mereka. Namun, air kelapa tanpa pemanis mengandung gula alami, jadi seseorang mungkin perlu membatasi asupannya.

Dalam sebuah studi tahun 2015 yang melibatkan model tikus diabetes, peneliti menemukan bahwa air kelapa menyebabkan peningkatan kontrol gula darah dan pengurangan kadar gula darah secara keseluruhan.

7. Manfaat kesehatan untuk ginjal

Minum air kelapa secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Menurut sebuah studi 2018 pada peserta tanpa batu ginjal, air kelapa membantu mereka kehilangan lebih banyak sitrat, kalium, dan klorida saat buang air kecil, menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu melonggarkan batu atau mencegahnya terbentuk.

Dalam studi tahun 2021 pada tikus, peneliti menemukan manfaat serupa. Mereka juga mengutip beberapa temuan sebelumnya bahwa air kelapa dapat membantu meringankan kerusakan ginjal akibat diabetes. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *