Fraksi PAN DPRD Kota Yogyakarta Sebut Kampung Wisata Perlu Dipromosikan

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Uji coba operasional terbatas telah dilakukan di beberapa destinasi wisata yang ada di Kota Yogyakarta sejak Agustus lalu. Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta pun diminta untuk terus melakukan pendampingan kepada para pelaku wisata sebagai upaya mencegah munculnya penyebaran virus Covid-19.

Anggota Fraksi PAN DPRD Kota Yogyakarta, Affan Baskara Patria mengatakan, edukasi protokol kesehatan Covi-19 harus terus dilakukan. “Pelaku ekonomi dan wisata harus sadar dalam tata kebiasaan baru,” katanya, dalam Rapat Paripurna Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Yogyakarta yang digelar di DPRD Kota Yogyakarta pada Kamis (3/9).

Affan mengatakan, kegiatan pendampingan dan pengawasan harus disertai juga dengan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) di destinasi wisata. Seperti alat semprot disinfektan, maupun tempat cuci tangan.

Affan juga mendesak supaya Pemkot melakukan promosi terhadap destinasi wisata alternatif. Sebab, menurutnya wisata di Kota Yogyakarta tak hanya sebatas Malioboro, Kraton Yogyakarta, maupun Taman Pintar.

“Perlu didorong promosi kampung-kampung wisata melalui paket-paket wisatanya ke dalam Promosi Wisata Kota Yogyakarta,” ucapnya.

Pemerataan kunjungan di destinasi wisata yang ada di Kota Yogyakarta, sehingga diharapkan perekonomian masyarakat juga semakin tumbuh. Ia menambahkan, supaya ekonomi tidak semakin terpuruk akibat pandemi wabah Covid-19 diperlukan penguatan program yang sudah ada di sektor UMKM.

“Program -program Pemkot Yogyakarta yang terbukti efektif menggerakkan UMKM dan Warga Kota Yogyakarta seperti Gandeng gendong, Lorong Sayur, Do dolan Kampung perlu dikuatkan,” ucapnya.(rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *