GP Mandalika, Unjuk Kesiapan Indonesia Gelar Event Dunia

by

Sleman, Koran Jogja – Usai gelaran MotoGP Mandalika, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan even otomotif berikutnya menunggu kesempatan dari federasi dunia.

“Namun dari evaluasi secara umum, ajang ini berlangsung dengan baik meski ada beberapa hal yang perlu dievaluasi dan diperbaiki. Kita akan perbaiki untuk ajang kedua, ketiga dan seterusnya,” kata Menpora di Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (25/3).

Karena baru pertama kali diselenggarakan, berbagai kekurangan yang ditemukan selama evaluasi akan dijadikan catatan. MotoGP Mandila dianggap panggung yang tepat ujuk kesiapan Indonesia menggelar event kelas dunia.

Mengenai pemanfaatan Sirkuit Mandalika yang dikhususkan untuk balap otomotif, gelaran perlombaan apa yang nantinya akan berlangsung di sana.

Menpora menyebut hal itu menjadi tanggung jawab Ikatan Motor Indonesia (IMI). Pemerintah hanya sebagai fasilitator.

“Demikian juga dengan ajang balap dunia, kita hanya menunggu rekomendasi dari federasinya. Bukan kita yang tentukan. Kita tentu saja mau digelar namun mereka belum memberi kesempatan,” katanya.

Namun gelaran MotoGP kemarin diharapkan mampu memperlihatkan kepada dunia mengenai kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah yang baik.

Terlebih lagi pada Juni nanti, Indonesia tuan rumah ASEAN Para Games 2022 yang sebetulnya diselenggarakan di Vietnam namun tidak bersedia. Solo, Sukoharjo, dan Karanganyar akan dipersiapkan sebagai pusat kegiatan. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *