Ground Breaking  Kampus Merdeka UII Yogyakarta Dilakukan

by 3 months ago

Kulon Progo – Magister Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta membangun kampus baru yang berlokasi di dekat bandara baru, Bandara International Airport (BIY) atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo. Pembangunan kampus bernama Kampus Merdeka ini telah dilakukan ground breaking pada Kamis (23/7).

“Program Kampus Merdeka merupakan implementasi kebijakan strategis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka,” kata Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FTSP UII, Dr Ir Kasam MT mewakili Dekan FTSP UII, Miftahul Fauziah ST MT Ph D pada Kamis (23/7).

Program ini menggandeng Pemerintah Kalurahan Glagah Kecamatan Temon Kulon Progo serta PT Dua Putra Futura. Kerja sama yang dilakukan UII antara lain meliputi sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana teknologi dan riset, perencanaan, pengawasan konstruksi bangunan dan pertanggungjawabannya.

Ia mengatakan, selama kurun waktu dua tahun ke depan, semua yang terkait pembangunan fasilitas publik tersebut menjadi sarana belajar para mahasiswa. “Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar sebenarnya bukan belajar semaunya sendiri. Dengan berbagai kondisi yang sekarang kita alami, idealnya kampus bisa mengelola dan merekayasa pembelajaran sehingga bisa saling sinergi dengan berbagai pihak,” ucapnya.

Dirinya berkata, nantinya mahasiswa memperoleh kesempatan belajar langsung di luar kampus. “Memang ini belum ideal tetapi kita patut bersyukur FTSP UII bisa berada di tempat yang segar untuk belajar bersama,” katanya.

Sementara, Ketua Program Studi Arsitektur Program Magister Arsitektur UII Ir Suparwoko MURP Ph D mengatakan Kampus Merdeka memberikan banyak kesempatan belajar di luar kampus dari semula minimal 30 persen bisa menjadi 50 persen. “Nantinya juga bisa menjadi sarana riset bagi mahasiswa,” paparnya.(rid/roy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *