Ini Alasan Tim Pengembang Menjadikan Pelayanan GeNose Murah

by
tsrif genose di stasiun

Sleman, Koran Jogja – Tim pengembang alat pendeteksi dini Covid-19 Universitas Gadjah Mada memaparkan tiga alasan utama kenapa GeNose C19 dibandrol dalam murah dalam pelayanan. Ada tiga hal utama yang dinyatakan perwakilan tim pengembang.

“GeNose C19 ini kami rancang dengan teknologi AI guna memberikan pelayanan yang terjangkau pada masyarakat. Saat ini alat kamilah yang dirasa murah oleh banyak pihak,” kata anggota perwakilan tim Dian Kesumapramudya Nurputra, Selasa (13/7).

Tarif murah itu disebabkan sebut Dian disebabkan oleh beberapa hal. Pertama tim peneliti dan pengembang secara moral ingin membantu penanggulangan Covid-19 sehingga komponen biaya kecerdasan buatan yang biasanya berharga mahal bahkan milyaran rupiah tidak dijadikan sebagai komponen harga.

“Tim ingin sepenuhnya mengabdikan teknologi inovatif itu untuk kepentingan masyarakat luas. Harga unit Genose C19 menjadi terjangkau apalagi dalam masa sulit seperti ini,” jelasnya.

Kedua, GeNose C19 adalah produk dalam negeri karya anak bangsa yang didasari pada hasil riset secara terukur dan ilmiah.

Sehingga dengan harga per unit kurang lebih Rp 70 juta dan dapat digunakan ratusan ribu kali. Saat ini tarif layanan Genose berkisar Rp30-50 ribu sangat terjangkau masyarakat.

“Ketiga dari sisi bisnis, tarif murah ini sangat menarik bagi bagi penyedia layanan,” lanjut Dian.

Bahkan saat ini Dian menyatakan teknologi inovatif seperti GeNose yang yang menggunakan metode breath analyzer atau breathalyzer tengah dikembangkan oleh lima negara maju seperti Amerika Serikat, Israel, Singapura, Belanda dan Perancis.

Tetapi alat yang dikembangkan oleh keenam negara ini menurut Dian, meski bentuknya berbeda-beda namun masih fungsinya menerima semburan nafas langsung.

“Metode semburan langsung itu memiliki kekurangan dan kelebihan dari sisi medis. Itulah kenapa GeNose tidak menyembur ke mesin, melainkan melalui kantong,” jelas Dian.

Selama PPKM Darurat ini, Dian memastikan GeNose masih tetap dipergunakan pada sektor industri, kesehatan maupun korporasi. Sedangkan pada sektor transportasi GeNose tidak lagi menjadi alat skrining.(set)