Ini Pesan Suharsono di Akhir Masa Jabatan

by

Bantul, Koran Jogja – Bupati Bantul Suharsono resmi mengakhiri masa jabatannya pada Rabu (17/2). Karena ditunda, jabatan sementara diemban Sekretaris Daerah (Sekda) Helmi Jamharis sebagai pelaksana harian (Plh) sampai Bupati-Wabup terpilih dilantik akhir bulan ini.

Menariknya saat memberikan sambutan dalam serah terima jabatan Bupati dari ke Plh Bupati Bantul di Kantor Pemda, Suharsono berpesan kepada kedepan agar tidak ada matahari kembar di era kepemimpinan yang baru.

“Pesan saya kepada seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) jangan sampai ada matahari kembar seperti awal-awal kepemimpinan saya,” katanya.

Suharsono bercerita, di awal kepemimpinanya ada sekitar 15 kepala OPD yang berusaha melawan karena kesetiaannya pada pemimpin sebelumnya.

Bahkan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sempat merekomendasikan ASN yang terlibat aktif di Pilkada ini dipecat. Namun hal itu tidak dilakukannya.

“Tolong hormati siapapun pemimpinya, jangan sampai ada matahari kembar. Setiap kepemimpinan itu berbeda. Jangan saya mohon jangan saling ancam dan saling memusuhi,” katanya.

Menurut Suharsono, sinergi antara pimpinan dan loyalitas dari aparatur negara adalah modal dasar bagi pembangunan Bantul.

Pesan terakhir Suharsono seperti mengingatkan bahwa setahun terakhir kepemimpinannya sempat diwarnai perang dingin dengan Wabup Halim. Bahkan Wabup Halim sempat tidak diikutsertakan dalam berbagai agenda Pemda.

Di Kantor Gubernur, Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan SK Plh kepada 3 sekda di Kabupaten Gunungkidul, Bantul dan Sleman pada Rabu pagi.

“Plh diberikan ke Sekda karena sudah ada aturannya membolehkan Plh Bupati itu dari Sekda setempat. Merekalah yang lebih tahu kondisi daerah masing-masing,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji.

Adapun ketiganya adalah Sekda Kabupaten Bantul Helmi Jamharis, Sekda Kabupaten Gunungkidul Drajad Ruswandono dan Sekda Kabupaten Sleman Harda Kiswaya.

Aji menginformasikan kemungkinan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal melantik Bupati-Wabup terpilih serentak akhir Februari.

Jika mengacu pada informasi ini, maka Sekda Helmi Jamharis bakal menjabat Plh Bupati kurang lebih 10 hari dengan perkiraan pelantikan antara 26,27 atau 28.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *