Di Jogja, Salim Segaf Al-Jufri Temui Sultan dan Budayawan

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Dalam kunjungan kerjanya ke Daerah Istimewa Yogyakarta Sabtu (6/11), Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri bersilaturahmi dengan Gubernur Sultan Hamengkubuwono X dan kalangan budayawan.

Kepada Sultan, Salim melaporkan kegiatan PKS di Yogyakarta serta meminta masukan dari sosok negarawan sekaligus Raja Ngayogyakarta.

“Banyak ide-ide yang brilian beliau utarakan, memang sosok Ngarso Dalem ini tercermin benar sebagai negarawan. Di sini, PKS tengah menggelar acara Bimbingan Teknis bagi Anggota DPR RI dan DPRD dari PKS dari Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat,” terangnya.

Sultan kata Salim memberikan wejangan khusus kepada PKS agar bisa berbuat terus untuk bangsa dan negara. Tidak berpikir untuk pribadi. Meskipun mendapatkan jabatan publik tapi akan lewat saja masanya.

“Kenangan yang indah akan terus diingat jika pejabat publik sebagai pelayan rakyat. Nah nyambung dengan PKS yang menasbihkan diri sebagai pelayan rakyat,” ungkap Salim.

Usai acara ini, bersama Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan Wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta Abdul Fikri Faqih, Anggota DPR RI Dapil DIY Sukamta, Ketua DPW PKS DIY Agus Mas’udi, dan Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana.

Salim Bantul bertemu dengan seniman wayang, tari hingga campursari menyampaikan persoalan para seniman yang ‘menganggur’ akibat pandemi di Omah Budaya Tembi.

Dalang wayang kulit Ki Kiswan Dwi Nawaeka yang mewakili rekan-rekanya sambat bahwa selama pandemi Covid-19 dua tahun terakhir pelarangan pentas di depan publik sangat berpengaruh pada pendapatan mereka.

“Banyak kalangan seniman yang sudah tidak bisa lagi bekerja di bidang seni memilih berdagang. Kami mohon bantuannya bagaimana caranya agar seniman bisa menggelar pentas di depan umum,” katanya.

Dalang lainnya, Suhadi Prabawa, meminta selama belum ada perizinan pentas di depan publik. Dirinya mengusulkan PKS untuk menggelar lomba wayang climen, wayang singkat yang dimainkan daring. Harapannya, perlombaan ini bisa membantu kehidupan seniman.

Kepada seniman, Menteri Sosial 2009-2014 mengungkapkan akan meneruskan seluruh aspirasi. Dirinya meminta seluruh DPD PKS di provinsi dan kabupaten melibatkan bidang seni budaya untuk konsen masalah seni budaya karena ini aset bangsa.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *