Senilai Rp9 Miliar, IGD Panembahan Senopati Beroperasi Akhir Bulan

by
Bupati Bantul Suharsono

Bantul, Koran Jogja – Bupati Bantul Suharsono meresmikan pembangunan gedung baru instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Panembahan Senopati. Terbagi dalam tiga zona pelayanan kedaruratan, IGD ini dilengkapi ruang operasi

Berada di sisi paling timur RSUD Panembahan Senopati, IGD yang baru ini memiliki total luas 1.900 meter persegi dan terbagi dalam tiga zona.

“Tiga zona yaitu zona merah untuk kejadian kedaruratan yang butuh penanganan segera. Zona kuning untuk pasien yang masih bisa menunggu penanganan, serta zona hijau yang penanganan pasiennya bisa langsung dipulangkan. Selain itu ada ruang dekontaminasi yang di IGD lama tidak tersedia,” kata Direktur RSUD I Wayan Mathana Widiana Kedel, Selasa (2/2).

Selain ketiga zona itu, di IGD yang baru ini juga dilengkapi dengan ruang bersalin serta ruang operasi yang terletak di lantai dua.

Wayan mengatakan pembangunan IGD senilai Rp9 miliar yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan.

Gedung baru ini dibangun karena gedung lama dinilai kurang representatif sebab masih menjadi satu dengan ruang pelayanan bahkan jadi satu dengan ruang tunggu pasien.

“Secara umum IGD ini tidak diperuntukkan untuk pasien yang positif Covid-19. Namun jika nanti ada prosedur baku akan kita laksanakan yaitu menutup sementara pelayanan,” katanya.

Langkah ini sebagai antisipasi, jangan sampai keberadaan satu pasien Covid-19 menularkan ke pasien atau petugas yang sehat.

Direncanakan pengoperasian IGD ini baru bisa dilakukan pada akhir bulan ini atau awal Maret. Sebab beberapa perlengkapan pendukung masih harus dipenuhi.

Bupati Suharsono mengatakan dengan adanya gedung baru ini dirinya berharap pelayanan terus ditingkatkan.

“”Gedung IGD ini lebih luas dan mampu menangani pasien lebih banyak. Sehingga jangan sampai pelayanan kegawatdaruratan malah menurun. Ini tantangan bagi kita semua,” katanya saat memberi sambutan.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *