Ini Syarat Jika Masuk Jogja Selama PPKM Darurat

by
Koran jogja

Yogyakarta, Koran Jogja – Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyatakan meski masih menunggu pentunjuk teknis pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dari pusat. Namun pihaknya sudah menyiapkan strategi dalam mengurangi penyebaran Covid-19.

Salah satunya adalah menerapkan syarat wajib bagi warga luar kota yang berkeinginan berkunjung ke Kota Yogyakarta khususnya kawasan Malioboro.

“Malioboro belum sampai itu (menutup). Kita tunggu dulu aturan PPKM Darurat, Tetapi kita sudah antisipasi dengan bagaimana agar orang di Malioboro betul-betul sehat,” kata Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi lewat rilis pada Kamis (1/7).

Meski bukan sebagai obyek wisata, Malioboro merupakan area pertokoan pertokoan yang kemungkinan saat penerapan PPKM Darurat masih tetap dibuka. Namun dengan syarat pembatasan waktu operasional.

“Kita akan tata dengan kebijakan baru di Malioboro. Terutama bagi warga yang ingin menikmati suasana, kuliner, dan oleh-olehnya,” ucap Heroe.

Pemkot Yogyakarta ini menurut Heroe bakal menerapkan syarat ketat bagi setiap orang yang datang. Mereka wajib menunjukan bukti sudah divaksin dan surat bebas Covid-19.

“Kami juga bakal melakukan sweeping acak secara lebih selektif dan taktis.. Ini sebagai upaya pengurangan penyebaran Covid-19 dan jaminan bagi siapa yang datang ke Yogyakarta itu sehat,” katanya.

Pengawasan kepada wisatawan yang tidak bisa menunjukan syarat untuk tidak turun dari kendaraan juga akan diperketat.(set)