Kamis, 20 Juni 2024
Koran Jogja

Joko Parwoto Pulang ke Gunungkidul, Ingin Berkontribusi untuk Tanah Kelahiran

Joko Parwoto (baju Hitam) bertemu Ketua Muhammadiyah Gunungkidul Sadmonodadi. (Ist)
Joko Parwoto (baju Hitam) bertemu Ketua Muhammadiyah Gunungkidul Sadmonodadi. (Ist)

Gunungkidul, Koran Jogja – Joko Parwoto seorang pengusaha asli Kabupaten Gunungkidul, pulang kampung untuk membangun daerahnya. Pria ramah dan murah senyum ini yakin tanah kelahirannya akan maju pesat jika dikelola dengan baik.

“Saya pulang,” kata Joko ditemui di Wonosari Senin (10/6/2024).

Pulang, tidak ingin sekedar kembali ke kampung halaman, pria kelahiran 1962 ini ingin berkontribusi membangun tanah kelahirannya. Sebagai seorang pengusaha, dirinya tidak ingin hanya ingin membangun dari ‘luar’ namun ingin masuk ke pemerintahan melalui Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Niatnya yang begitu besar ingin menjadikan Bumi Handayani model global untuk hidup sejahtera mengedepankan pendidikan berkualitas, akses layanan kesehatan universal, pengentasan kemiskinan dan pengangguran, pemerataan kesejahteraan, dan
perlindungan lingkungan hidup sebagai pilar utama pembangunan daerah.

“Itu bisa terwujud dengan memanfaatkan kekuatan teknologi informasi dan media sosial untuk mempercepat kemajuan,” kata Joko.

Untuk mewujudkan itu, dirinya bertekad maju sebagai bakal calon wakil bupati dalam Pilkada 2024. Dirinya sudah berkomunikasi dan mendaftar di partai politik, hingga bersilaturahmi dengan berbagai tokoh masyarakat, baik lokal maupun nasional.

“Hari ini saya bertemu dengan Ketua Muhammadiyah Gunungkidul untuk silaturahmi,” kata dia.

“Bismillahirrahmanirrahim saya mendaftarkan diri sebagai calon wakil bupati,” kata dia.

Bapak tiga orang anak itu mengatakan, Gunungkidul merupakan daerah yang besar dan sudah seharusnya tidak lagi tertinggal. Salah satunya dengan membangun sumber daya manusia melalui pendidikan.

“Memberikan akses pendidikan yang setara dan berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat Gunungkidul, meningkatkan infrastruktur pendidikan dan kualitas pembelajaran melalui TI dan media sosial,”kata dia.

Joko berharap kepulangannya ini memberikan kontribusi dan memajukan bagi tanah kelahirannya. Apalagi potensi begitu besar seperti pariwisata, peternakan, hingga pertanian.

“Saya ingin pengalaman yang sudah pernah saya peroleh bisa memberikan kontribusi untuk Gunungkidul maju, dan masyarakatnya sejahtera,” ucap dia. (*)

Leave a Reply