Gulir ke Bawah untuk baca artikel
Gunungkidul

Dinas Pendidikan Gunungkidul Luncurkan Program Optimis Kurika

×

Dinas Pendidikan Gunungkidul Luncurkan Program Optimis Kurika

Sebarkan artikel ini
Dinas Pendidikan Gunungkidul Luncurkan Program Optimis Kurika. (Ist)
Dinas Pendidikan Gunungkidul Luncurkan Program Optimis Kurika. (Ist)

Gunungkidul, Koran Jogja – Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan acara deklarasi Program “OPTIMIS KURIKAā€¯ atau Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka.

Harapannya, dengan program ini bisa meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di bumi Handayani.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Nunuk Setyowati menyampaikan bahwa Deklarasi Program Optimis KURIKA merupakan upaya dalam meningkatkan pembelajaran melalui pembelajaran yang bermakna, menyenangkan, kreatif dan inovatif sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing.

“Diharapkan mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sehingga pendidikan Kabupaten Gunungkidul semakin berkualitas, maju dan bermartabat,” kata Nunuk dalam keterangan tertulis Senin (23/10/2023).

Deklarasi ini merupakan upaya dalam meningkatkan pembelajaran melalui pembelajaran yang bermakna , menyenangkan kreatif, inovatif sesuai dengan karakteristik anak dan mampu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

Baca artikel menarik lainnya:

Nunuk mengatakan, diharapkan mampu meningkatkan layanan pendidikan di Gunungkidul sekaligus meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dalam rangka mewujudkan Gunungkidul semakin berkualitas, maju dan bermartabat.

Jumlah sekolah jenjang Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Gunungkidul ada 466 SD , SD Negeri berjumlah 405 SD, dan SD Swasta berjumlah 61 SD.

“Semoga dengan diluncurkannya program ini, bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan anak kita bisa bersaing global,” kata dia.

Dia berharap pelaksanaan program ini bisa berjalan dengan lancar, meski dengan jumlah anggaran yang terbatas.

“Kita dukung Optimis Kurika mudah-mudahan kurikulum merdeka yang ada di Kabupaten Gunungkidul dapat berjalan dengan baik dan satu tujuan kita untuk pendidikan meskipun kita masih berusaha karena banyaknya satuan pendidikan di Kabupaten Gunungkidul ada lebih dari 1000 satuan pendidikan dengan keterbatasan dana,” kata dia. (*)