Kementan Minta Daerah Menambah Lahan Pertanian Produktif

by

Bantul, Koran Jogja – Kementerian Pertanian meminta daerah untuk menambah area tanam varietas padi IP400 yang bisa panen empat kali setahun. Di musim tanam awal, Bantul diminta menyiapkan 10 hektar lahan.

Hal ini disampaikan Kepala Balai Besar OPT Direktorat Tanam Pangan Kementan Eni Tauruslina Amarullah saat penanaman padi varietas IP400 di Desa Palbapang, Kecamatan Bantul, Bantul, Rabu (16/2).

“Ditengah alih fungsi lahan yang marak, penanaman padi IP400 yang bisa dipanen empat kali setahun merupakan wujud ketahanan pangan. Penanaman IP400 adalah program super prioritas pemerintah,” kata Eni.

Ia menyebut penanaman IP 400 merupakan salah satu program yang dicanangkan untuk meningkatkan produksi dalam rangka swasembada pangan yang ditargetkan terpenuhi tahun ini.

Sebagai komoditas unggulan ketahanan pangan, Kementan tengah meminta 29 provinsi untuk menyiapkan lahan produktif sebanyak 150 ribu hektar.

“Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk satu daerah yang ditargetkan menyiapkan lahan. Termasuk Bantul yang kita minta menyiapkan tambahan lahan 10 hektar di musim tanam pertama,” ujarnya

Eni mengatakan tahun ini, untuk menuju swasembada pangan tahun ini. Kementan menargetkan penambahan panen padi 9 juta ton per tahun.

Tahun lalu, total panen padi nasional mencapai 31,9 juta ton. Angka ini naik 12 persen dibandingkan 2020 yang mencapai angka panen 20,35 juta ton.

Terkait dengan penanaman varietas IP400, Eni mengatakan ada empat hal penting yang perlu diperhatikan petani. Pertama adalah ketersediaan benih genjah, memastikan ketersediaan air, penggunaan alat mesin pertanian, dan pengendalian organisme penganggu tanaman (OPT).

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memastikan pihaknya sepenuhnya memprioritaskan penambahan luas areal tanam produktif.

“Kita akan mengoptimalkan memanfaatkan lahan-lahan krisis yang tidak produktif. Termasuk lahan pasir, akan kita optimalkan untuk lahan produktif,” jelas Halim.

Di tengah lesunya perekonomian industri kreatif, perdagangan, pertambangan, dan pariwisata selama pandemi Covid-19 yang terpuruk. Halim mengatakan sektor pertanian malah tumbuh 4 persen.

“Khusus penanaman varietas padi IP400, kita menyiapkan lahan tujuh hektar dan kita akan tambah di daerah lain,” jelasnya.

Penanaman padi varietas IP400 di Bantul pada musim tanam pertama difokuskan di areal persawahan Dusun Serut. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *