Langkah Kecil untuk Hasil Kreatif yang Besar

by

Koran Jogja – Jika Anda orang yang kreatif, Anda mungkin pernah memiliki pengalaman berikut. Sesuatu yang “besar” menghuni Anda: tema untuk clothing line, novel, pemahaman lengkap tentang bagaimana seharusnya suara sebuah siklus lagu. Itu datang kepada Anda seperti kilat, mendiami Anda — dan kemudian, di sanalah Anda berdiri. Anda dipenuhi dengan sebuah visi tetapi belum ada sesuatu yang nyata yang telah dibuat.

Pekerjaan untuk benar-benar menciptakan “itu” sekarang harus dimulai dan, seperti yang dikatakan Virginia Woolf, antusiasme Anda dapat dengan mudah berubah menjadi pengunduran diri saat Anda menghadapi kenyataan bahwa begitu banyak pekerjaan di depan Anda dan, lebih buruk, produk jadi mungkin tidak ( dan mungkin tidak akan) cocok dengan visi singkat dan indah Anda tentang hal itu. Tiba-tiba Anda terperosok dalam kenyataan yang ketat, persis di mana Anda seharusnya berada. Ini adalah tema postingan pelatih kreativitas Anya Toomre.

Anya dikutip dari psychology today  menjelaskan ada sesuatu yang ajaib tentang sebuah ide ketika kemungkinan-kemungkinannya tampak meneriakkan WOW! Ini adalah momen yang indah untuk menikmati dan menikmati. Tetapi terlalu cepat, keraguan dan ketakutan mengetuk pintu hati Anda, menuntut untuk mengetahui bagaimana Anda berharap untuk menghidupkan kemungkinan ini.

Namun, dalam menghormati semangat kreatif Anda, Anda menyambut tamu yang mengganggu, memberi mereka teh, dan kemudian berbagi dengan mereka tentang rencana tindakan Anda. Semua orang dapat menindaklanjuti dengan ide kreatif dan mewujudkannya. Berikut adalah tiga langkah sederhana yang akan membuka pintu menuju potensi, peluang, dan hasil kreatif yang besar.

Langkah Pertama: Hancurkan Ide Menjadi Tujuan yang Lebih Lecil

Untuk beralih dari inspirasi ke hasil, pertama-tama ubah ide Anda menjadi tujuan. Pecahkan tujuan yang lebih besar menjadi potongan-potongan terukur yang lebih kecil dan dapat diukur. Anda tidak perlu menentukan semua langkah dari awal hingga akhir, tetapi Anda harus memiliki gambaran umum tentang tujuan Anda. Kadang-kadang cukup dengan memulai saja (untuk mulai menulis, melukis, atau bermain)

Langkah Kedua:  Muncul dan Melakukan Pekerjaan dengan Bertahap

Bagian kedua dalam mewujudkan ide adalah tampil untuk melakukan seni yang penting bagi Anda. Kembangkan praktik kreatif dengan mengerjakan proyek Anda secara teratur dan sengaja. Jadwalkan waktu untuk melakukan pekerjaan ini, muncul dengan penuh perhatian, lakukan pekerjaan Anda dan kembali keesokan harinya untuk melakukannya lagi.

Tentu, jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan untuk mengembangkan praktik kreatif. Memulai relatif mudah ketika merasa antusias terhadap suatu ide. Tantangan sebenarnya adalah selalu muncul bahkan ketika Anda lebih memilih untuk istirahat, tidur, atau melewatkan hari karena Anda merasa frustrasi atau tidak bersemangat.

Memulai pekerjaan secara teratur akan menghasilkan hasil yang menakjubkan meskipun Anda hanya melakukannya sedikit setiap saat. Tetes demi tetes. Selangkah demi selangkah. Sepotong demi sepotong.

Langkah Ketiga: Percaya Prosesnya. Percayalah pada Dirimu Sendiri

Bagian terakhir dalam mencapai tujuan kreatif Anda adalah kepercayaan. Percayai prosesnya dan percayalah pada diri Anda sendiri. Tidak ada yang tahu semua langkah sebelumnya. Bagian-bagian yang tidak Anda ketahui pada awalnya akan diketahui seiring kemajuan Anda. Ide akan datang kepada Anda dan solusi akan muncul saat Anda menyadari jalur baru.

Akan ada hari-hari ketika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda lakukan. Tidak apa-apa. Anda hanya berusaha. Akan ada hari-hari ketika sangat sulit untuk membuat. Tidak apa-apa juga. Rayakan kemunculan dan lakukan sesuatu. Pikiran Anda akan terus mengerjakan proyek di antara sesi.

Percayai prosesnya. Akan ada hari-hari ketika segala sesuatu tampak salah. Saat-saat itu bisa membuat frustasi.

Tidak apa-apa. Kemajuan masih dibuat. Ide-ide baru bisa muncul dari kekacauan. Kekacauan memiliki tujuan. Bermain-main adalah bagian dari proses. Dan juga akan ada hari-hari ketika semuanya berjalan dengan sangat baik! Hari-hari itu memperkuat mengapa Anda seorang yang kreatif dan mengapa pembuatannya sangat penting bagi Anda.

Tampaknya pekerjaan kreatif yang besar terjadi dalam sekejap, tetapi ternyata tidak. Semua proyek, besar atau kecil, terjadi dengan cara yang sama – dengan langkah-langkah kecil, dirangkai secara konsisten dari waktu ke waktu, dengan Anda mempercayai proses di sepanjang jalan.(rid)