Manfaat Tertawa, Menghilangkan Stres Hingga Kerja Lebih Produktif

by
manfaat humor

Koran Jogja – Pelajari bagaimana humor dapat membantu Anda merasa lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif.

Ketika hidup membuat kita terpukul, biasanya kita merasa sedih, berpikiran negatif, dan stres. Meskipun kita tidak boleh terlalu lama mengalami perasaan sedih, kita juga harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai keadaan yang lebih bahagia dan kokoh. Dikutip dari psychology today, humor adalah salah satu alat yang dapat membantu dalam hal ini.

Humor Menurunkan Stres

Tawa fisik melepaskan endorfin yang membuat kita merasa nyaman. Saat kita lebih bahagia, stres menghilang. Pertimbangkan saat-saat stres atau kesedihan yang luar biasa. Tidak jarang selama periode itu seseorang mengatakan sesuatu yang lucu dan canggung. Humor itu, meski tidak pada tempatnya, itulah yang memecah ketegangan dan memperkuat ikatan dan hubungan.

Kita bisa membawa kebutuhan kesembronoan yang sama ke tempat kerja. Pepatah mengatakan, “Mereka yang mencintai pekerjaan mereka tidak pernah bekerja sehari pun dalam hidup mereka” adalah benar.

Humor sama dengan kesenangan. Saat kita bersenang-senang, kita menikmati apa yang kita lakukan, dan bahkan tugas yang paling membosankan pun tidak membuat stres. Di banyak organisasi, ada kecenderungan untuk menekankan keseimbangan kehidupan kerja. Beberapa perusahaan menetapkan standar dengan memasukkan waktu (dan menetapkan area) untuk bermain, bersenang-senang, dan menertawakan pekerjaan. Inisiatif ini menurunkan tingkat stres dan, pada akhirnya, meningkatkan produktivitas.

Humor Memfasilitasi dan Memperkuat Hubungan

Saat kita tertawa dengan orang lain, kita menciptakan kenangan dan memperkuat hubungan kita. Orang mengingat bagaimana perasaan orang lain. Ketika seseorang menimbulkan kelucuan, dia membuat orang lain merasa senang.

Dia sering juga dilihat sebagai orang yang menarik dan menyenangkan. Lebih jauh, kita sering terhubung dengan orang-orang yang bahagia dan lucu. Banyak orang ingin menghabiskan waktu dengan orang lain yang memiliki pandangan dan watak positif.

Sayangnya, beberapa menggunakan humor untuk menutupi rasa tidak aman atau bersembunyi dari perasaan mereka yang sebenarnya. Ini tidak ideal. Banyak kenangan indah tentang ikatan yang terbentuk karena tawa dan kegembiraan.

Humor Meredakan Situasi Tidak Nyaman di Tempat Kerja

Humor meredakan situasi kerja yang sulit. Misalnya, ketika seorang pemimpin dapat mengolok-olok dirinya sendiri, karyawan menganggap bahwa pemimpin itu lebih bisa diterima. Ini mendorong hubungan keseluruhan yang lebih baik dan peningkatan produktivitas.

Saat kita lucu, orang lain ingin berada di sekitar kita. Pertemuan tim lebih cocok. Dan lebih banyak pekerjaan diselesaikan karena karyawan berkomunikasi dan berhubungan satu sama lain.

Jadi, tentunya ada waktu dan tempat untuk humor. Dan kita bisa terlalu sering menggunakan humor. Menemukan media bahagia itu dan mengetahui kapan harus memasukkan lelucon yang bagus dapat membantu meredakan ketegangan, memperkuat ikatan, dan membuat tempat kerja menjadi lingkungan yang lebih nyaman dan produktif.(rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *