Lansia di Kota Jogja Mulai Disuntik Vaksin

by
koran jogja

Yogyakarta, Koran Jogja – Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mencanangkan program vaksinasi Covid-19 bagi penduduk lanjut usia (lansia). Untuk mengawalinya ada 20 lansia warga Kota Yogyakarta yang mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama di Rumah Sakit Pratama.

“Kami resmi mencanangkan vaksinasi Covid-19 bagi lansia warga Kota Yogya. Vaksinasi lansia ini terus dilakukan bertahap sampai selesai,” kata Haryadi saat membuka pencanangan vaksinasi lansia di RS Pratama, Jumat (26/2/2021).

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta itu menyatakan, jumlah penduduk yang berusia di atas 60 tahun di Kota Yogyakarta sekitar 46.000 jiwa. Sebanyak 20 lansia yang mengawali vaksin Covid-19 adalah perwakilan dari 14 kecamatan, perwakilan Komisi Daerah (Komda) lansia dan tamu undangan lansia sebagai percontohan.

“Para lansia tidak perlu terburu-buru. Akan ada pendataan. Komda Lansia di tiap kelurahan akan dilibatkan. Kami hindari antrean maka nantinya akan dibuat sistematis dan dijadwal,” tuturnya

Menurutnya di masa pandemi kesehatan warga lansia lebih rentan. Untuk itu sebagai bentuk perlindungan dari Covid-19, maka dilakukan vaksinasi guna menciptakan kekebalan dalam masyarakat. Pihaknya juga memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 bagi para lansia, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

“Pencanangan ini bagian dari kami untuk mengajak dan mengimbau para lansia untuk mengikuti vaksinasi. Kami juga mengingatkan, setelah divaksin agar tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” terang Haryadi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani menambahkan dari informasi Pemda DIY kini sudah ada sekitar 6.000 lansia yang terdaftar dalam vaksinasi Covid-19. Pendaftaran masih berlangsung. Diharapkan para lansia maupun keluarganya proaktif mendaftarkan melalui laman resmi Kementerian Kesehatan dan dari Dinas Kesehatan juga memantau berkoordinasi dengan wilayah.

“Vaksinasi lansia baru di ibukota provinsi. Bisa mendaftar sendiri atau kolektif. Kami juga tengah mencari mekanisme pelaksanaan vaksinasi Covi-19 bagi lansia agar lokasinya dekat dengan rumah,” ujar Emma.

Dia menyebut jatah vaksin lansia di Kota Yogyakarta sekitar 10.000 dosis, tapi dari Kementerian Kesehatan siap memenuhi sesuai kebutuhan. Untuk vaksinasi lansia ada beberapa syarat tambahan yakni dapat berjalan sekitar 100 meter, bisa naik tangga 10, tidak sesak. tidak memiliki lebih dari 5 penyakit komorbid dan tidak mengalami penurunan berat badan signifikan dalam setahun.

Sementara itu salah seorang lansia yang disuntik vaksin Covid-19 Irjen Pol Purn Yohanes Wahyu Saronto (74) mengatakan tidak merasakan sakit saat disuntik vaksin Covid-19. Pihaknya berharap masyarakat mendukung dengan mengikuti vaksinasi Covid-19 karena penting untuk memutus rantai virus.

“Tidak terasa disuntik, Tidak ada reaksi apa-apa. Saya tidak punya sakit apa-apa. semoga masyarakat memahami bahwa ini sangat penting untuk semua. Jangan sampai terbawa isu yang menyebut vaksin tidak ada manfaatnya. Lebih baik diterima saja program pemerintah. Kita harus mendukung,” pungkas Wahyu yang diundang untuk percontohan vaksinasi bagi lansia.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *