Lonjakan Drastis, Pasokan Oksigen Di Bantul Aman

by

Bantul, Koran Jogja – Dinas Kesehatan dan manajemen RSUD Panembahan Senopati Bantul menjamin pasokan kebutuhan oksigen medis di tengah lonjakan kasus penularan Covid-19 aman.

Humas RSUD Panembahan Senopati Siti Rahayuningsih mengaku sejak terjadi lonjakan penularan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta dua pekan ini pihaknya meningkatkan frekuensi pengiriman oksigen.

“Kemarin baru datang dan terisi kemarin. Biasanya kita meminta kiriman lima sekali, namun selama peningkatan ini frekuensi permintaan kita tambah dua kali dalam sepekan,” kata Siti saat dihubungi wartawan, Senin (21/6).

Meningkatnya frekuensi permintaan ini dikarenakan saat ini RSUD Panembahan Senopati menjadi rujukan untuk merawat pasien Covid-19 bergejala sedang dan berat.

“Yang di Senopati karena RS rujukan dan semuanya posisinya sedang berat, butuh oksigen. Karena salah satu keluhan, gejalanya kan ada sesak,” jelas dia.

Meski menyatakan tidak memiliki kendala soal pasokan oksigen medis dari PT Samator Gas Indonesia. Tapi Siti menyatakan pihaknya harus berbagi stok dengan kebutuhan rumah sakit lainnya.

“Saat ini semua butuh oksigen. Terkadang satu truk gas oksigen harus dibagi dengan rumah sakit lainnya. Sampai sekarang pasokan oksigen tidak ada kendala,” ucapnya.

Selain permintaan oksigen yang meningkat di RSUD Panembahan Senopati Bantul, pihaknya juga menambah kapasitas bed sebanyak 10 tempat tidur yang langsung penuh.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso menjelaskan saat ini semua RS yang membutuhkan tambahan oksigen sudah terpenuhi.

“Kemarin rata-rata (permintaan oksigen) sudah terpenuhi. Jadi belum ada kekurangan oksigen hari ini,” terang dia.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *