Manfaat Kesehatan Stroberi untuk Tubuh

by

Koran Jogja – Selain cantik dan lezat, stroberi sangat bermanfaat. Permata ruby ​​​​ini juga merupakan pelindung kesehatan yang kuat. Berikut adalah beberapa manfaatnya yang mengesankan dan cara sederhana untuk memasukkan stroberi ke dalam makanan, camilan, dan camilan.

Satu cangkir stroberi utuh hanya menyediakan 46 kalori. Porsi irisan yang sama mengandung 53 kalori; dan secangkir buah beri yang dihaluskan hanya mengandung 74 kalori.

Vitamin dalam stroberi

Stroberi mengandung lebih dari 100% dari target minimum harian untuk vitamin C yang mendukung kekebalan tubuh. Selain berfungsi sebagai antioksidan penangkal penyakit dan penuaan, vitamin C membantu membuat kolagen dan menjaga kesehatan kulit.

Stroberi juga kaya akan senyawa antioksidan dan anti-inflamasi lainnya. Inilah salah satu alasan mengapa buah beri, termasuk stroberi, terkait dengan kesehatan otak.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang lebih tua yang mengonsumsi setidaknya satu hingga dua porsi stroberi (dengan satu porsi menjadi delapan buah utuh) per minggu mengalami penurunan fungsi kognitif yang berkurang.

Makan stroberi telah terbukti membantu mengatur kadar gula darah dan insulin. Itu berarti energi mental dan fisik yang lebih mantap. Ini juga dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit jantung.

Senyawa tanaman yang baik untuk Anda, yang disebut flavonoid, dalam stroberi terkait dengan penurunan risiko kenaikan berat badan terkait usia.

Efeknya mungkin karena kemampuan flavonoid untuk meningkatkan ambilan glukosa di otot, dan/atau menurunkan ambilan glukosa di jaringan lemak.

Stroberi meningkatkan kesehatan kulit dan tulang

Satu cangkir stroberi menyediakan hampir seperempat dari tujuan harian untuk mangan, mineral yang membantu memproduksi kolagen dan meningkatkan kesehatan kulit dan tulang.

Stroberi meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat dalam stroberi (sekitar 3 gram per cangkir) membantu menjaga kesehatan pencernaan yang baik dengan mendukung pertumbuhan bakteri usus yang sehat, yang terkait dengan kekebalan, anti-inflamasi, dan suasana hati.

Stroberi melawan peradangan

Pada orang dengan osteoartritis, stroberi telah terbukti membantu mengurangi rasa sakit dan penanda peradangan dan stres oksidatif—ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahayanya.

Stroberi dapat membantu mengurangi risiko kanker

Buah beri, termasuk stroberi, juga dikaitkan dengan perlindungan kanker, kemungkinan dengan melawan pembentukan tumor dan menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Stroberi menjaga kesehatan jantung

Stroberi melindungi jantung dengan mengurangi peradangan, meningkatkan kolesterol HDL baik, melindungi terhadap oksidasi kolesterol LDL jahat (prekursor pengerasan arteri), dan meningkatkan sirkulasi.

Cara menikmati lebih banyak stroberi

Anda dapat menikmati stroberi apa adanya, atau menggunakannya untuk membuat smoothie; tambahkan oat atau oatmeal semalaman; dan tingkatkan makanan gurih, seperti salad favorit Anda, tumis, atau hidangan gandum utuh.

Gunakan stroberi yang diiris atau dicincang sebagai hiasan yang tidak terduga untuk hummus atau sup kacang hitam.

Stroberi sangat cocok untuk camilan dan makanan penutup. Saus stroberi sederhana dapat ditaburkan ke apa saja mulai dari oatmeal, panekuk, dan roti panggang mentega almond hingga hampir semua hidangan utama atau hidangan penutup.

Untuk camilan cepat dan sehat, hangatkan irisan stroberi dengan api kecil dalam air lemon dengan parutan jahe segar dan taburi dengan cokelat hitam cincang, kacang cincang, atau kelapa parut. Atau celupkan stroberi utuh ke dalam cokelat hitam leleh dan gulingkan ke dalam kacang cincang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *