Minggu, 21 Juli 2024
Koran Jogja

Manfaat Minum Air Hangat, Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Minum Air Hangat, Membantu Menurunkan Berat Badan. (pixabay)
Manfaat Minum Air Hangat, Membantu Menurunkan Berat Badan. (pixabay)

Koran Jogja – Manfaat minum air hangat tidak hanya membantu menurunkan berat badan. Tetapi juga bisa meningkatkan metabolisme dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Para ahli pun menyebut minum air hanya bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut beberapa khasitannya.

Manfaat minum air hangat

  • Bisa membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Air hangat bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, karena mampu memecah molekul makanan dan melancarkan pergerakan makanan pada saluran pencernaan.

  • Meringankan sembelit

Minum air hangat bisa membantu melunakkan tinja serta melancarkan buang air besar, sehingga membantu meringankan sembelit.

  • Detoksifikasi

Manfaat lain dari air hangat untuk kesehatan yakni bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, dengan meningkatkan keringat serta melancarkan buang air kecil.

  • Meringankan pilek atau hidung tersumbat

Air hangat juga memiliki manfaat mengurangi sakit hidung tersumbat, pilek, sinusitis, serta alergi.

  • Meningkatkan sirkulasi darah

Khasiat air hangat lainnya yakni bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Air hangat merelaksasi pembuluh darah serta melancarkan peredaran oksidan dan nutrisi.

  • Meredakan sakit

Manfaat lainnya minum air hangat yakni bisa membantu meredakan otot tegang, sendi kaki, meredakan nyeri otot, nyeri artritis, serta kram saat menstruasi.

  • Membantu diet

Air hangat juga bisa membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori. Hal ini tentu akan membantu upaya menurunkan berat badan, jika dikombinasikan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Minum air hangat memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tetapi moderasi adalah kuncinya.

Ketika minum air hangat secara berlebihan, maka bisa menimbulkan luka bakar serta kerusakan jaringan pada mulut serta tenggorokan. (*)

Baca artikel lainnya:

Leave a Reply