Mengenal 5G dari Smartphone OPPO Reno 5G

by
OPPO Reno 5G

Koran Jogja – OPPO telah siap menyongsong era jaringan 5G di Indonesia dengan menghadirkan berbagai produk baru. OPPO Indonesia telah memperkenalkan ponsel 5G pertama yakni OPPO Reno 5G.

PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto Aji mengatakan, saat ini pihaknya telah siap menyongsong teknologi 5G ketika nantinya pemerintah sudah menyediakan spektrum 5G. “Kami siap menyambut generasi 5G,” katanya dalam acara OPPO 5G Academy: Talkshow With Reno5 yang digelar secara virtual pada Kamis (4/2).

Spesifikasi Oppo Reno 5 5G memiliki layar 6,4 inch Amoled 90 hz. Ponsel ini mempunyai kemampuan AI Highlight Video; Live HDR; dan Ultra Night Video. Adapula AI Mixed Portrait dan Dual-View Video. Oppo Reno 5 5G ini menggunakan Operating Sistem Color OS 11.1 (Android 11). “Meski belum didukung infrastruktur 5G (di Indonesia), Oppo Reno 5 5G tetap bisa digunakan memakai infrastruktur 4G saat ini,” katanya.

Menurut Aryo, ketika nantinya Indonesia sudah didukung jaringan 5G akan ada banyak perkembangan dari berbagai sektor bisnis. Seperti multimedia, cloud computing, maupun aplikasi berbasis cloud.

OPPO Reno 5G

Aryo mengatakan, bagi mereka yang memakai ponsel dengan jaringan 5G akan banyak perkembangan yang dialami. Seperti latensinya yang cukup rendah mencapai 1 milidetik dibandingkan dengan jaringan 4G LTE yang latensinya 30-40 milidetik.

Salah satu dampaknya yang bisa dirasakan yakni bisa memainkan game Triple AAA di smartphone secara online tanpa membebani grafik/GPU ponsel. “OPPO pernah menguji cloud gaming di Mobile World Congress (MWC) memakai platform Shadow kami memainkan game yang servernya di Belanda,” katanya.

Menurut Aryo, latensi rendah dan kecepatan tinggi jaringan 5G akan memungkinkan platform Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality jadi lebih lancar. ”Permintaan terhadap AR sudah ada. Akan banyak kacamata AR yang masuk Indonesia, dan ini akan memberi pengalaman baru bagi konsumen,” ucapnya.

Deputy CEO Mobility Smartfren Telecom, Sukaca Purwokardjono yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, teknologi yang mampu membuat kecepatan berselancar di dunia maya dengan kecepatan tersebut adalah teknologi 5G.

“Kami sudah melakukan trial pada tahun lalu, memang teknologi 5G adalah keniscayaan untuk hadir di Indonesia. Agar, salah satunya, bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi kita,” kata dia.

Sementara, Country Director Qualcomm, Shannedy Ong mengatakan, dari sisi teknologi pihaknya telah siap menyongsong teknologi 5G yang diiharapkan bisa hadir pada akhir tahun ini. “Kuncinya adalah kolaborasi. Berkolaborasi agar 5G bisa terwujud. Semoga tahun ini,” ucapnya.(rid)