Nakes Usia Lanjut Mulai Disuntik Vaksin Covid-19 di Jogja

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Pemerintah Kota Yogyakarta mulai melakukan vaksinasi Covid-19 untuk tenga kesehatan (nakes) lanjut usia (lansia) atau 60 tahun ke atas. Khusus untuk nakes, vaksinasi diprediksi selesai akhir Februari mendatang.

“Saat ini vaksinasi Covid-19 masih tahap bagi tenaga kesehatan. Sebelumnya vaksinasi Covid-19 tenaga kesehatan umur 18-59 tahun, sekarang tenaga kesehatan yang berumur di atas 60 tahun. Ini bagian dari upaya melindungi semua tenaga kesehatan,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, di sela memantau vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan lansia di Rumah Sakit Panti Rapih, Selasa (9/2).

Menurutnya perbedaan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan usia 18-59 tahun dengan vaksinasi tenaga kesehatan lansia adalah jeda waktu penyuntikan dosis pertama dan kedua. Pada tenaga kesehatan usia 18-59 tahun, suntikan vaksinasi dosis kedua diberikan setelah 14 hari dari suntikan dosis pertama. Pada tenaga kesehatan lansia penyuntikan vaksin dosis kedua setelah 28 hari sejak suntikan dosis pertama.

“Sampai sekarang tidak ada laporan tentang efek samping dari vaksinasi Covid-19 dari suntikan dosis pertama maupun kedua. Mudah-mudahan tidak ada efek samping berat,” paparnya.

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta itu menyatakan, tahapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta lebih cepat dari rencana tata kala. Vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan dijadwalkan sampai akhir April 2021. Namun diperkirakan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh tenaga kesehatan di Kota Yogyakarta, selesai pada akhir Februari 2021.

“Insya Allah akhir Februari selesai. Kami coba percepatan dengan penambahan fasilitas kesehatan dan vaksinator. Termasuk vaksinnya tersedia,” ujar Heroe

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani menyebut masih mendata jumlah tenaga kesehatan lansia di Kota Yogyakarta yang akan divaksin Covid-19. Dari data sementara ada sekitar 245 tenaga kesehatan berusia lanjut 60 tahun ke atas yang aktif bekerja di rumah sakit di Kota Yogyakarta. Vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan lansia itu menggunakan stok vaksin pada termin kedua. Total vaksin Covid-19 yang diterima Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta sebanyak 19.400 dosis yang disalurkan dalam dua termin.

“Ini masih vaksinasi suntikan yang pertama bagi tenaga kesehatan berusia lanjut. Realisasi vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan di Yogya untuk dosis pertama dari sistem pusat mencapai sekitar 73 persen. Tapi dari data DIY berdasarkan data manual, sudah mencapai sekitar 83 persen,” terang Emma.

Sementara itu Direktur Utama Rumah Sakit Panti Rapih, drg Triputro Nugroho mengatakan, dirinya selaku dokter di RS Panti Rapih berusia 63 tahun mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama pada Selasa (9/2). Sebelumnya dia sudah mendaftar vaksinasi Covid-19, tapi ditolak dari sistem karena usia lanjut. Lalu ada kesempatan vaksinasi bagi tenaga kesehatan lansia. Dia mengutarakan di RS Panti Rapih ada sekitar 63 tenaga kesehatan dokter yang berusia di atas 60 tahun.

“Saat divaksin tidak ada rasa sakit dan rasa apa-apa. Tidak ngantuk. Kayaknya baik. Tenaga kesehatan paling depan menghadapi pasien. Kami harap tenaga kesehatan selain menggunakan alat pelindung diri dan protokol kesehatan juga harus diberikan imunisasi Covid-19 supaya lebih tahan. Kami harap tidak ada lagi tenaga kesehatan yang terinfeksi Covid-19,” pungkasnya.(rls)