Partai Gelora Jadikan UMKM Pilar Ekonomi Indonesia

by

Bantul, Koran Jogja – Partai Gelora menjajaki kemungkinan berkolaborasi dengan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Ini bertujuan untuk menjadikan UMKM sebagai pilar ekonomi negara.

Ini disampaikan Ketua Partai Gelora Anis Matta saat bertemu dan berdialog dengan pelaku UMKM DIY pada Sabtu (13/11) malam di Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul.

“Saya ingin mengatakan, krisis yang sekarang kita hadapi ini sebenarnya adalah sebuah peluang bagi Indonesia masuk sebagai kekuatan ekonomi dunia,” katanya.

Di Tengah perlambatan dan pertumbuhan ekonomi dunia akibat pandemi Covid-19. Serta menurunnya pergerakan manusia. Dimana ini artinya dalam waktu 10 tahun yang akan datang, negara yang paling mampu bertahan adalah negara yang ekonomi domestiknya besar.

“Dengan modal wilayah yang besar, populasi yang besar sebagai pasar. Kita punya peluang memperbesar pasar domestik kita,” lanjutnya.

Atas dasar instrumen memperbesar pasar domestik adalah UMKM, Anis melihat sektor ini haruslah terus didukung oleh pemerintah dan Partai Gelora dalam semua hal yang diperlukan seperti penguasaan teknologi, penyerapan investasi maupun infrastruktur.

“Semua yang mereka perlukan, kita berikan dukungan. Saya memandang UMKM harus menjadi pilar utama ekonomi Indonesia di masa depan,” tegasnya.

Sebagai catatan penting, Anis mengatakan Indonesia memiliki satu pembeda besar dibandingkan negara lain dalam kelompok menengah atasnya. Di negara lain, kelompok menengah atas dibentuk kaum profesional. Namun di Indonesia kelas ini didominasi pelaku UMKM.

Hal inilah yang menjadikan kelompok kelas menengah di Indonesia kuat, meski dihantam krisis berkepanjangan.

Melihat hal ini, Anis mengatakan partainya akan menjalin kolaborasi dengan para pelaku UMKM dengan mengusap konsep pemberdayaan.

Partai Gelora berkeinginan mengubah konsep hubungan partai dengan pemilihnya di mana sebelumnya hanya pemberi dan penerima. Sekarang kedua belah pihak bekerjasama dalam pemberdayaan yang saling menguntungkan.

“Hubungan kolaborasi pemberdayaan yang diusung Partai Gelora bakal memperkuat posisi UMKM dalam struktur ekonomi makro kita,” tandasnya. (Set)