Pemandangan yang Menawan di Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

by

Koran Jogja – Air Terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul.

Air terjun ini juga dikenal dengan air terjun Slempret karena lokasi air terjun tersebut bertempat di blok Slempret.

Air terjun sri getuk diapit oleh tebing yang sangat tinggi sekitar 50 meter, sehingga terlihat cukup menawan. Suasananya pun eksotis, karena daerah Menggoran merupakan perawahan yang tak pernah mengalami kekeringan.

Para warga di sana sepanjang tahun menanam padi. Daerah ini juga sangat subuh karena didukung dengan adanya 3 sumber mata air yang cukup besar yaitu Sumber mata air dong Poh, Ngandong dan Ngumbul.

Bagi kalian yang hendak menuju ke lokasi wisata ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Yogyakarta.

Sesampainya di lokasi, kalian harus melewati jalan setapak pematang sawah sekitar 450 meter. Lalu menuruni 96 anak tangga.

Kalau tidak mau capek, ada fasilitas perahu tradisional atau gethek untuk menuju wisata air terjun tersebut sambil menyusuri tebing indah slempret yang mempunyai ketinggian 50 meter di kanan kiri perjalanan kita sampai di lokasi air terjun.

Sri Gethuk merupakan objek wisata terpadu yang meliputi Goa Rancang Kencana, Air Terjun Sri Gethuk, situs purbakala, dan pemacingan, bumi perkemahan.

Destinasi itu berada dalam satu area di Dusun Menggoran, Desa Bleberan yang dikelola sepenuhnya oleh para pemuda desa setempat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *