Pemda DI Yogyakarta Dukung Lockdown di Beberapa Lokasi

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendukung usulan beberapa lokasi dilakukan lockdown pada malam pergantian tahun 2021. Seperti Tugu Pal Putih, Malioboro dan kawasan Titik Nol Kilometer.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, lockdown dengan pertimbangan terjadi kerumunan seperti saat libur Natal 2020, Pemda DIY tentunya akan mendukung.

“Kalau usulan lockdown di beberapa titik seperti Tugu Jogja, Malioboro, dan Titik Nol, sepenuhnya menjadi kewenangan Pemkot Yogyakarta. Kalau mau lockdown dengan pertimbangan terjadi kerumunan seperti liburan Natal kemarin, Pemda tentu akan mendukung,” katanya di kantor Kepatihan pada Senin (28/12).

Aji mengatakan, PSBB lebih mengendalikan klaster dari luar, baik yang pergi maupun yang datang. Menurutnya, jika pertimbangan dari epidemiolog juga menjadi masukan untuk menentukan langkah kebijakan ke depan.

Menurut Aji, kunci keberhasilan penanganan COVID-19 adalah kesadaran masyarakat. “Saya tidak tahu apakah saudara-saudara yang belum bermasker itu belum mendapatkan informasinya ataukah tidak mengetahui bahwa tingkat penularannya sudah sedemikian rupa. Kami juga membuat pertemuan dengan teman-teman di desa atau kecamatan, supaya sosialisasi bisa terus tersampaikan. Ini bukan hanya soal sakit, namun juga keselamatan jiwa. Kalau hanya mengandalkan petugas, tentu saja tidak akan cukup jumlah petugasnya,” katanya.

Aji mengatakan, di beberapa destinasi wisata, pedagang yang belum mengenakan masker sejatinya dapat merugikan dirinya sendiri. “Bisa saja diantara kita yang mau membeli makanannya namun melihat penjual tidak memakai masker, mengurungkan niat untuk membeli di pedagang itu. Kan merugikan mereka sendiri,” ucapnya.(rid/rls)