Pemda Efektifkan Satgas Masyarakat saat Libur Lebaran

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta meminta partisipasi masyarakat di tingkat bawah dalam hal pengawasan terhadap warga luar kota yang datang saat libur lebaran nanti. Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono (HB X) berharap warga taat aturan pemerintah pusat yang meniadakan mudik lebaran.

“Ya gapapa (dilarang mudik), apa betul mereka taat? Ya semoga saja,” Kata Sultan, Jumat (26/3/2021).

Soal apakah DIY akan melakukan penutupan di kawasan DIY dan pengetatan di perbatasan, Sultan mengatakan tidak akan melakukan penutupan lantaran sudah ada kebijakan larangan mudik.

“Nggak kalau sudah dinyatakan gak boleh pergi kan asal mereka ga pergi,” kata dia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kadarnanta Baskara Aji mengatakan pemerintah DIY meminta kewaspadaan masyarakat di tingkat RT sampai pedesaan yang efektif terhadap warga luar kota yang datang.

“Keberadaan posko di desa menjadi penting, bahkan di RT/RW,” ucapnya.

Selain mengimbau kelurahan dan RT untuk lebih waspada Pemerintah DIY siap untuk melakukan pengetatan lebih dari biasanya. Pengetatan dilakukan di bandara, stasiun, maupun jalan darat dalam hal ini kendaraan pribadi.

“Di bandara tentu dilakukan pemeriksaan baik yang berangkat maupun yang pulang, di stasiun juga sama. Nah, untuk yang darat lain seperti jalan raya seperti biasa kita melakukan pemeriksaan,” katanya.

Sebagai dorongan agar satgas di tingkat terbawah memiliki partisipasi yang cukup tinggi. Ketua Komis A DPRD DIY Eko Suwanto meminta Pemda DIY memberi anggaran sebagai pendukung operasinal Satgas dalam melakukan pengawasan dan pemindaian kepada warga luar yang masuk wilayah.
“Meski mudik sudah dilarang. Agar tidak terjadi ledakan akibat liburan lebaran nanti, sesepatutnya pengetatan di wilayah perbatasan disiagakan,” kata Eko.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *