Pemerintah Bakal Targetkan Sejuta Wirausaha Menengah di 2024

by

Bantul, Koran Jogja – Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menyebut pemerintah tengah mengebut kelahiran wirausaha kelas menengah hingga mencapai angka sejuta pada 2024.

“Sejuta menengah baru ini bisa dari penggabungan dari usaha mikro dan kecil. Pada 2024 wirausaha minimal empat persen dari jumlah penduduk akan menjadikan Indonesia negara maju,” kata Teten yang berkunjung ke Palm Craft Workshop, Bantul, Kamis (19/5).

Saat ini pertumbuhan wirausaha di Indonesia stagnan di angka 3,18 persen. Indonesia kalah dengan Singapura yang wirausahanya 8,6 persen dari 7 juta penduduknya.

Demikian juga dengan Thailand dan Malaysia yang masing-masing lebih dari empat persen.

“Indonesia terlambat dan tertinggal jauh dibelakang dalam pertumbuhan wirausahanya,” jelasnya.

Ke Depan pemerintah akan menempuh strategi dengan tidak menambah usaha yang mikro-kecil. Menurutnya usaha mikro-kecil harus dikurangi, karena usaha ini dibikin karena pemiliknya tidak memiliki pekerjaan sampingan.

“Biasanya mereka adalah pekerja pemerintah atau swasta. Kami akan melakukan inventarisasi ke daerah, UMKM mana saja yang bisa kita dorong dan dinaikan kapasitas usahanya,” ucap Teten.

Kepada pemerintah daerah, Teten menyatakan dibandingkan menghadirkan investor dan usaha baru.

Konsep pengembangan usaha mikro yang sudah menjadi usaha menengah adalah pilihan yang rasional dan lebih berkelanjutan (sustainable). Meningkatkan status ini berdampak terserapnya tenaga kerja yang lebih banyak.

“Bukannya kita mengabaikan peranan usaha mikro-kecil yang telah 97 persen menopang perekonomian. Namun faktanya dari jumlah 65 juta UMKM hanya 19,18 persen yang bisa mengakses pembiayaan. Ini kekuatan ekonomi yang selama ini kita abaikan,” ucap Teten.

Kementerian juga bakal menyediakan pelatihan bagi para pelaku UMKM yang berasal dari profesional bukan lagi dari birokrasi dengan konsep pendekatan inkubasi atau proyek percontohan pada satu produk maupun daerah. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *