Pemkab Kulon Progo Gelar Potensi Usaha Perdagangan Geliatkan Ekonomi

by

Kulon Progo, Koran Jogja – Pemkab Kulon Progo melalui Dinas Perdagangan dan Penindustrian menyelengarakan pagelaran potensi usaha perdagangan Kabupaten kulon Progo 2021 dengan tema “Gumregah PKL Bangkit” di Pasar Percontohan Baru Sentolo. Acara tersebut di siarkan langsung melalui Channel You Tube Kulon Progo TV. Kamis (18/11/2021).

Tempat waktu dan peserta,Tema gelar potensi usaha perdagangan diinsipasi oleh semangat tema hari jadi Kabupaten Kulon Progo yaitu Kulon Progo Gumregah Kita Sehat- Ekonomi Bangkit,maka tema pada acara ini adalah Gumregah PKL Bangkit .Pagelaran ini diselenggarakan selama 7 hari dari 18 sampai 24 November 2021.

Terdapat 23 PKL dari Pasar Senja, 9 peserta pelaku usaha UMKM yang terdiri dari IKM Kerajinan Serat Alam, serat nilon dan olahan coklat pegagan.

Lalu 5 pedagang klitikan dengan jmlah peserta 37 dengan jenis dagangan kuliner makanan dan minuman, produk olahan makanan dan minuman, kerajinan, fasion, tanaman dan juga kltikan.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Kulon Progo beserta Wakil Bupati, Ketua Komisi II Bidang Perekonomian DPRD Kulon Progo, Kepala Kejaksaan Negeri Kulon Progo, perwakilan Kodim 031 Kulon Progo, perwakiilan Kepolisian Resor Kulon Progo, Ketua Dekranasda Kulon Progo.

Dalam sambutanya, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian selaku ketua pelaksana Iffah Mufidati,SH.MM menyampaikan maksud dan tujuan diadakan acara tersebut yaitu mendukung program nasional pemulihan ekonomi.

Kemudian juga sebagai upaya pengopimalisasi pemanfaatan halaman pasar rakyat untuk kegiatan ekonomi produktif,memberikan kesempatan dan peluang berusaha bagi para pedagang kreatif lapangan untuk berjualan ditempat yang legal,aman dan nyaman.

Selanjutnya yakni sebagai mini rest area bagi pengendara jarak jauh untuk beristrirahat sambil menikmati kuliner dan istirahat.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Drs.H. Sutedjo memberikan apresiasi dan harapanya dengan diadakan-nya acara Gelar Potensi Usaha Perdagangan Kulon Progo 2021.

Menurutnya Penyelenggran kegiatan ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo menggerakan kembali roda perekonomian daerah ditengah pemulihan pandemic Covid-19.

Seperti yang kita ketahui Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) merupakan salah satu kelompok usaha yang sangat terdampak akibat PPKM, Disisi lain PKL menjadi jalan keluar bagi sebagian masyarakat untuk menggerakan roda ekonomi rumah tangga karna bersifat mudah untuk dijalankan.

Sutedjo menammbahkan acara ini juga mendukung kegiatan pasar Senja yang sudah terlebih dahulu ada di Pasar Percontohan Sentolo dan berharap semoga kegiatan ini tetap berlanjut setelah selesai acara kegiatan gelar potensi usaha perdagangan yaitu menambah keramaian Pasar Senja dan Pasar Percontohan Sentolo pada umumnya.

”Peserta dalam acara ini dapat meneruskan usahanya di halaman Pasar Percontohan dengan bergabung menjadi anggota Pasar Senja.Dengan demikian bertambahnyab pedagang Pasar Senja akan menghidupkan suasana dan menjadi rujukan kuliner bagi masyarakat Kulon Progo maupun pengguna jalan lalu lintas”ujar Sutedjo. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *