Penjaga Tak Diliburkan, Lapas Se-Yogyakarta Gelar Kunjungan Virtual

by

Yogyakara, Koran Jogja – Seluruh petugas Lembaga Permasyarakat (Lapas) se Daerah Istimewa Yogyakarta diminta tetap siaga hingga satu minggu sesudah lebaran. Belum adanya instruksi dan petunjuk, kunjungan keluarga tahun ini tetap digelar virtual.

Penegasan ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DIY, Imam Jauhari saat memimpin Apel Siaga Hari Raya Idul Fitri pada Kamis (28/4) di Lapas Kelas IIA Yogyakarta.

“Apel siaga ini sebagai bagian dari deteksi dini, untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah”, ungkap Imam.

Dirinya meminta seluruh jajaran dalam mengantisipasi gangguan keamanan, dengan mengaktifkan seluruh pegawai administrasi yang ada untuk membantu petugas jaga selama berlakunya cuti lebaran.

“Kita tahu petugas yang ada itu sangat minim dibandingkan jumlah tahanan. Jadi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, kami antisipasi, seperti tahun-tahun kemarin jajaran Pemasyarakatan baik Kasatker maupun petugasnya satu minggu setelah hari raya tidak ada yang libur,” jelasnya.

Kepada seluruh petugas, Imam meminta pelaksanaan tiga kunci sukses pemasyarakatan yaitu deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, berantas narkoba, dan sinergi dengan Aparat Penegak Hukum serta Back to Basics.

“Dimana setiap pelaksanaan tugas dan fungsi senantiasa mengacu dan berpedoman pada aturan-aturan yang berlaku,” pesan Imam.

Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo terkait rencana pelaksanaan kunjungan keluarga bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) selama lebaran. Sampai saat ini pihaknya belum ada arahan dari pusat untuk melaksanakan kunjungan tatap muka.

“Sebagai gantinya akan dilaksanakan dengan kunjungan virtual. Sebagai antisipasi jumlah kunjungan kami akan menambah fasilitas virtual,” jelasnya.

Joko mengatakan jika di hari biasa ada empat PC, lebaran nanti akan kami tambah menggunakan PC dari pegawai administrasi yang saat itu tidak bekerja memakai PC. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *