Peserta Nikah Massal Tabur Bunga di Pesisir Bantul

by

Bantul, Koran Jogja – Dua pasangan, mewakili sebelas pasangan ‘Nikah Bareng Merah Putih’ menabur bunga di Pantai Cemara Sewu, Kretek, Bantul, Rabu (12/8) pagi. Tabur bunga dikhususkan bagi tujuh korban laka laut Pantai Goa Cemara.

Bertema ‘Bersatu Merajut Kasih, Berjuang Ditengah Pandemi Untuk Indonesia Maju’, nikah massal ini adalah gelaran ke lima selama pandemi yang digagas Forum Ta’aruf Indonesia (Fortais) Bantul.

“Bertepatan dengan peringatan HUT kemerdekaan Indonesia ke 75. Ada sebanyak 75 pasangan yang ikut serta nikah bareng,” kata Ketua Fortais Bantul Ryan Budi Nuryanto.

Berlangsung bertahap selama dua Minggu sebelumnya, sebagai puncak acara Rabu pagi sebanyak 11 pasangan melaksanakan ijab kabul di KUA Kretek.

Usai sesi foto bareng, peserta lantas menabur bunga sebagai doa bagi para pejuang dan korban laka laut yang terjadi pekan lalu.

“Berlangsung dalam kondisi adaptasi kebiasaan baru, seluruh peserta turut dibekali materi Bela Negara agar mampu membentuk keluarga baru yang berkarakter nasionalis,” jelasnya.

Pemilihan kawasan Pantai Cemara Sewu sebagai lokasi sesi foto bagi Ryan juga bertujuan membantu mengerakkan roda perekonomian industri pariwisata serta mempromosikan Bantul sebagai destinasi wedding.

Sebelumnya, 64 pasangan telah melangsungkan ijab kabul secara bertahap dalam waktu dua Minggu yang dilangsungkan di kantor KUA di 17 kecamatan se-Bantul.

Ryan mengatakan seluruh proses pernikahan ini menerapkan protokol kesehatan ketat. Seluruh pasangan dilarang mengundang tamu kecuali kedua orang tua atau saksi sebagai pengganti.

Usai menjadi saksi, Bupati Bantul Suharsono berharap acara ini menjadi spirit kekuatan melewati masa pandemi dengan adaptasi kebiasaan baru.

Pasangan Fandi Yuda Arnanda – Tri Wulan Sari mengaku bahagia bisa mengikuti nikah bareng ini.

“Saya dapat informasi dari teman, rencana kami akan menikah sendiri dalam waktu dekat. Kami hanya ikut meramaikan saja,” kata Fandi.

Dalam gelaran ini Fortais mengajak serta paguyuban rias pengantin, profesional make up artis, dan komunitas fotografi.

Usai pawai dari Pantai Cemara Sewu, di pintu masuk KUA Kretek. Pasangan pengantin disambut tokoh superhero Gatotkaca dan Transformers. Kedua ini mewakili terwujudnya semangat melewati pandemi Covid-19 dengan kebiasaan baru.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *